Jakarta (ANTARA) -
Lima berita hukum pada Selasa (28/5) yang terjadi di wilayah Indonesia masih menarik untuk dibaca dan menjadi perhatian publik, mulai dari Menkopolhukam dalam permasalahan Polri dan Kejagung hingga eks pegawai KPK ajukan uji materiil batas usia pimpinan KPK.

 Klik di sini untuk berita selengkapnya

 1. Menkopolhukam sebut permasalahan Polri dan Kejagung sedang didalami

 Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Hadi Tjahjanto mengatakan isu simpang-siur berita terkait permasalahan yang terjadi di antara Polri dan Kejaksaan Agung sedang didalami.

 Namun Marsekal TNI (Purn) itu memastikan kedua institusi tersebut terus menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing.

 "Dengan isu yang tadi disampaikan bahwa saat ini terus dilakukan pendalaman, dilakukan penyelidikan apa yang terjadi yang sebetulnya," kata Hadi ditemui usai hadiri Rakernis Baintelkam Polri di Jakarta, Selasa.

 Selengkapnya di sini

 2. PDIP komunikasi dengan fraksi lain guna tolak RUU MK

 Fraksi PDI Perjuangan DPR RI berkomunikasi dengan fraksi partai politik lainnya untuk menolak Revisi Undang-Undang (RUU) Mahkamah Konstitusi (MK) guna mencegah pasal-pasal yang diselundupkan.

 Anggota Fraksi PDIP DPR RI Djarot Saiful Hidayat mengatakan bahwa pasal-pasal yang akan ditolak itu adalah yang melemahkan MK. Adapun RUU tersebut kini tengah dibahas di lembaga wakil rakyat itu.

 "Penjaga konstitusi betul-betul harus independen, harus kredibel, harus mandiri," kata Djarot di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa.

 Selengkapnya di sini
 
3. Eks pegawai KPK ajukan uji materiil soal batas usia pimpinan KPK

 Sebanyak 12 mantan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang mewakili IM57+ Institute mengajukan permohonan uji materiil terkait minimum batas umur pimpinan KPK ke Mahkamah Konstitusi (MK).
 
“Hari ini kami dari IM57+ Institute sudah menyerahkan berkas gugatan ke MK terkait ambang batas umur,” kata Ketua IM57+ Institute M. Praswad Nugraha di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Selasa.

 Selengkapnya di sini
 
4. Hadi ingatkan Polri dan Kejaksaan fokus kerjakan tugas masing-masing

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) RI Marsekal TNI (Purn.) Hadi Tjahjanto mengingatkan jajaran Polri dan Kejaksaan Agung fokus mengerjakan tugas pokok dan fungsinya masing-masing.
 
Dia menjelaskan sikap itu penting karena dua lembaga itu bertugas memastikan sistem peradilan pidana/criminal justice system di Indonesia tetap tegak dan berjalan.

 “Saya pun sudah berbicara dengan kedua pimpinan ini dan tetap fokus pada pelaksanaan tugas sesuai dengan tugasnya masing-masing,” kata Hadi Tjahjanto menjawab pertanyaan wartawan saat dia ditemui pada sela-sela kegiatannya di Jakarta, Selasa.

 Selengkapnya di sini

 5. KPK agendakan pemeriksaan penyanyi Nayunda Nabila dalam sidang SYL

 Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mengagendakan penyanyi Nayunda Nabila Nizrinah dan anggota DPR RI Ahmad Sahroni untuk hadir sebagai saksi dalam sidang pemeriksaan kasus Menteri Pertanian periode 2019-2023 Syahrul Yasin Limpo (SYL) di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (29/5).

 "Untuk persidangan terdakwa Syahrul Yasin Limpo dan kawan-kawan, Rabu (29/5), di Pengadilan Tipikor pada PN Jakarta Pusat, tim jaksa akan hadirkan saksi penyanyi Nayunda Nabila Nizrinah," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa.

Selengkapnya di sini

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2024