Ambon (ANTARA) - Pemerintah Kota Ambon, Provinsi Maluku, secara resmi melepas 322 calon haji untuk diberangkatkan ke Tanah Suci.

Penjabat Wali Kota Ambon Dominggus Kaya, di Ambon, Rabu, pada acara pelepasan berpesan agar calon haji yang berangkat fokus beribadah saat berada di Tanah Suci.

"Saya mengajak semua calon haji asal Kota Ambon agar senantiasa menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, terapkan pola hidup bersih dan sehat secara disiplin, makan dan minum yang teratur, istirahat yang cukup agar setiap rangkaian ibadah dapat diikuti dan dijalankan dengan baik," ujarnya.

Ia juga berpesan calon haji agar menjaga diri, meningkatkan kesabaran, dan rasa syukur serta memperbanyak beribadah.

Baca juga: Calon haji tertua Kota Ambon didaftarkan anak ke Tanah Suci

"Jamaah calon haji Kota Ambon juga perlu menjadi panutan dan teladan yang baik dengan senantiasa mengutamakan semangat ukhuwah islamiyah, disiplin, dan mengikuti arahan para petugas dan pendamping haji, baik saat di Indonesia maupun di Tanah Suci," katanya.

Ia menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Ambon juga memiliki tanggung jawab untuk memastikan penyelenggaraan ibadah haji dapat terlaksana dengan baik.

Untuk itu, dalam rangkaian penyelenggaraan ibadah haji 2024 Pemerintah Kota Ambon berkoordinasi dengan Kementerian Agama Kota Ambon untuk memberi dukungan kepada jamaah calon haji.

"Dukungan itu antara lain pelayanan kesehatan, pelaksanaan manasik haji, memfasilitasi keberangkatan dan pemulangan jamaah dan pendampingan pada proses embarkasi dan debarkasi serta memberikan tambahan uang saku kepada masing-masing calon haji sebesar Rp1 juta yang diserahkan hari ini, " ujarnya.

Baca juga: Jamaah mesti perhatikan larangan saat berihram ketika Miqat

Selain it,  Pemerintah Kota Ambon juga memfasilitasi dua tenaga pendamping haji untuk jamaah asal Kota Ambon ke Tanah Suci hingga kembali ke tanah air.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Ambon Fachrurrazy Hassannusi selaku Ketua Penyelenggara Ibadah Haji Kota Ambon dalam laporannya menyebutkan kuota haji Kota Ambon 2024 sebanyak 358 orang, namun setelah proses pelunasan ada kendala yang ditemui seperti mutasi keluar provinsi sehingga yang berangkat 322 orang.

Calon haji termudah atas nama Sri Mutiara berumur 27 tahun, dan tertua atas nama Lanpono Bin La Aji berumur 84 tahun

Sedangkan petugas haji sebanyak sembilan orang yang terdiri atas ketua kloter satu orang, dokter dua orang, pembimbing ibadah haji dua orang, perawat dua orang, dan petugas haji daerah dua orang.

Baca juga: Jamaah sebaiknya laksanakan umrah wajib pada pagi atau malam hari

JCH Kota Ambon masuk dalam Kloter 27 akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada 31 Mei 2024 dari Makassar, Sulawesi Selatan.

Pewarta: Winda Herman
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024