Aceh Utara (ANTARA) - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengajak para lansia untuk tetap tersenyum di usia senja, karena senyuman dapat membawa suasana hati menjadi baik, yang juga akan berdampak kepada kesehatan para lansia yang menjadi semakin baik.
 
"Kalau senang, itu daya imun kita, daya tahan tubuh kita supaya nggak terserang penyakit itu lebih besar, sehingga kalau ada penyakit bisa ditolak," ujarnya pada peringatan Hari Lanjut Usia Nasional 2024 di Kabupaten Aceh Utara, Rabu.

Mensos Risma juga mengajak  para lansia yang hadir untuk tetap menjaga kesehatannya, agar lansia bisa hidup mandiri dan tidak dianggap menjadi beban bagi keluarga maupun masyarakat.

Baca juga: Mensos ajak jalin sinergi guna bantu penuhi hak lansia tunggal

Salah satunya, kata dia, bisa dibiasakan dengan rutin bergerak melalui berbagai kegiatan senam yang tersedia di puskesmas.

Selain itu, Risma juga mengajak para lansia untuk saling menyambung tali silaturahim guna mempererat hubungan, sehingga para lansia tidak merasa sendiri.
 
"Suatu saat saya mungkin sendiri, kalau kita saling perhatian, jadi kita bisa saling kasih tahu. Itu fungsi dari silaturahim," katanya.

Baca juga: Mensos beri hunian baru bagi lansia memprihatinkan di Parigi Moutong

Saat ditanya oleh seorang lansia mengenai usia, Mensos Risma mengatakan usianya saat ini adalah "17 tahun".
 
"Saya '17 tahun'," kata Mensos Risma saat menjawab pertanyaan seorang lansia.

Mensos Risma mengatakan kepada para lansia agar tetap semangat dalam menjalani kehidupan sebagai lansia, sebagaimana remaja yang menginjak usia 17 tahun.

Baca juga: Mensos: Operasi katarak bentuk layanan sosial kepada lansia di Parimo

Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional 2024 yang digelar di Kabupaten Aceh Utara melibatkan sebanyak 4.982 lansia yang menerima bantuan berupa pelayanan kesehatan seperti operasi katarak, donor darah, dan pemeriksaan kesehatan gratis. 
 
Selain itu, pada gelaran yang bertemakan Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat ini juga melakukan pemenuhan hak sipil para lansia, seperti perekaman KTP elektronik dan Kartu Keluarga bagi lansia, serta pelaksanaan isbat nikah bagi para lansia yang belum tercatat pernikahannya secara administrasi.

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024