Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak menuju Jawa Tengah, Rabu, untuk bertakziah ke rumah duka Syarifah Salma binti Hasyim bin Yahya, istri dari Habib Luthfi bin Yahya, yang meninggal dunia pada Selasa (28/5).

Biro Pers Sekretariat Presiden di Jakarta, menginformasikan Presiden Jokowi berangkat melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 09.05 WIB.

Presiden Jokowi akan mendarat di Semarang, Jawa Tengah, kemudian menuju Kabupaten Pekalongan menuju ke rumah duka untuk bertakziah.

Habib Luthfi Bin Yahya merupakan ulama kharismatik dari Pekalongan, yang sebelumnya dilantik oleh Presiden Jokowi sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden atau Wantimpres pada Jumat 13 Desember 2019.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam penerbangan tersebut antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas.

Baca juga: Habib Luthfi ajak masyarakat memperkuat kecintaan pada Tanah Air

Dilansir dari laman resmi Nahdlatul Ulama (NU) Jateng, Syarifah Salma binti Hasyim bin Yahya, istri dari Habib Muhammad Luthfi bin Yahya meninggal dunia sekitar pukul 21.55 WIB dalam usia 66 tahun di Rumah Sakit Budi Rahayu Kota Pekalongan.

Ketua Pengurus Cabang NU Kota Pekalongan H Muhtarom membenarkan kabar wafatnya istri Habib Luthfi. NU sangat kehilangan tokoh perempuan yang dekat dengan masyarakat tanpa membedakan suku, ras, maupun golongan.

"Semuanya diterima dengan baik dan sangat familiar, semoga almarhumah min ahlil khair," ujarnya.

Diketahui, pernikahan Habib Luthfi bin Yahya dengan almarhumah Sarifah Salma dikaruniai lima orang anak yakni Habib Bahaudin al-Alawi bin Yahya, Syarifah Fatimah Ni'matuz az-Zainabi, Syarifah Ummu Hani, Syarifah Fatimah, dan Habib Muhammad Syarif Hidayatullah Al-Huseini.

Menurut rencana almarhumah akan dimakamkan di pemakaman keluarga di Kompleks Maqbarah Sapuro, Kota Pekalongan, hari ini pukul 14.00 WIB.

Baca juga: Habib Luthfi pimpin berbagai elemen masyarakat ikrar jaga NKRI

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2024