Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengemukakan pembangunan fasilitas pusat latihan (training center) tahap pertama di Ibu Kota Nusantara, Pulau Kalimantan, sudah hampir tuntas dengan progres di atas 90 persen.

"Alhamdulillah, progres training center PSSI tahap 1 di IKN sudah hampir rampung," imbuh Erick melalui akun instagram pribadi: @erickthohir yang dipantau di Jakarta, Rabu.

Melalui aku instagram pribadi, Erick mengunggah sebuah video berisi proses pembangunan fasilitas pusat latihan di IKN disertai narasi yang menyebutkan progres pencapaian.

Baca juga: Ketua PSSI: TC timnas di IKN sebagai babak baru sepak bola Indonesia
Baca juga: PSSI targetkan pusat latihan IKN dilengkapi delapan lapangan pada 2026

Sejumlah fasilitas yang dibangun seperti asrama pemain mencapai 92 persen, lapangan natural 90 persen, dan lapangan sintesis 89 persen.

Erick mengatakan, pihak Federation Internationale de Football Association (FIFA) juga sempat meninjau pembangunan fasilitas sepak bola di ibu baru Indonesia yang berada di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

"Perwakilan FIFA memberikan pujian atas progres pembangunan TC PSSI di IKN," ujarnya.

Baca juga: Jokowi sebut FIFA turut wakili kepercayaan internasional terhadap IKN
Baca juga: Erick Thohir: Dunia bisa lihat sepak bola Indonesia bangun dari tidur

Pembangunan fasilitas tersebut, kata dia, merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas dan prestasi sepak bola Indonesia.

Dengan fasilitas bertaraf internasional, para pemain dan staf pelatih akan dapat berlatih dan berkembang di lingkungan yang mendukung, dilengkapi dengan infrastruktur terkini, serta metodologi latihan terbaik.

"Ini menjadi pondasi awal bagi PSSI untuk bisa menciptakan tim nasional sepak bola yang bisa bersaing di level dunia," pungkas Erick.
 

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024