Pangkalpinang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kepulauan Bangka Belitung(Babel) menetapkan jumlah perolehan kursi partai politik dan calon anggota DPRD Provinsi Babel yang terpilih pada Pemilu 2024.

Ketua KPU Provinsi Babel Husin di Pangkalpinang, Rabu, mengatakan jumlah parpol peserta Pemilu 2024 sebanyak 18 dan calon anggota DPRD Babel  terpilih 45 orang.

Partai yang memperoleh kursi di DPRD Bangka Belitung yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dua Kursi, Partai Gerindra tujuh kursi, PDI Perjuangan sembilan kursi, Partai Golkar delapan kursi, Partai Nasdem enam kursi, PKS enam kursi, Partai Bulan Bintang (PBB) satu kursi, Partai Demokrat tiga kursi dan PPP tiga kursi.

"Dari sejumlah itu 45 kursi habis kita bagi sesuai pembagian kursi berdasarkan dari parpol itu sendiri," katanya.

Para calon legislatif yang terpilih juga memperoleh suara terbanyak dengan nomor caleg berbeda-beda meski nomor di daftar calon tetap terletak terakhir tapi karena dia mendapat suara maka dia yang mendapat kursi DPRD.

Ia mengatakan memang ada caleg terpilih mantan narapidana, tetapi secara aturan itu dia sudah terpenuhi, dimana dia boleh mencalonkan mulai masuk DCS dan DPT hingga terpilih.

"Tidak ada yang kami ditutupi. Dari beberapa partai memang ada yang mantan narapidana, tapi proses pencalonan sudah sesuai aturan dan sudah selesai, terlepas dia mantan napi tapi dia sudah terpilih dan ditetapkan," katanya.

Berikut para calon Anggota DPRD Provinsi Babel hasil Pemilu 2024, untuk daerah pemilihan 1 (Dapil Babel-1) Monica Haprida, Adi Sucipto, Sadiri, Ucok Oktahaber, Zaki Yamani, Eddi Iskandar, dan Dodi Kusdian.

Dapil Babel-2 teriri dari Didit Srigusjaya, Sardi, Pahlivi, Mehoa, H.Suryadi, dan Zainuddin, Dapil Babel-3 H.Jamro, Yogi Maulana, Rina Tarol, Musani, Ferry dan Warkamni, Dapil Babel-4 yaitu Taufik Rizani, Beliadi, Syarifah Amelia, Masinun, Edi Nasapta, Rusdianto, H.Kasbiransyah, Taufik Mardin dan Muhtar.

Selanjutnya untuk Dapil Babel-5 Heryawandi, Bobby Primasandi, Hermanto, Elvi Diana, Johan Vigario, Arbiyanto dan Leviyan, Dapil Babel-6 Himmah Olivia, Imam Wahyudi, Sesilia Rizki, Narulita Sari, Maryam, H.Tarmizi, Rustamsyah, Aksan Visyawan, Agam Dliya Ulhaq dan Imelda.
Baca juga: KPU Pangkalpinang tetapkan caleg terpilih Pemilu 2024

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta/Elza Elvia
Editor: Guido Merung
COPYRIGHT © ANTARA 2024