Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Pusip) Kota Jakarta Timur rutin memutar film kartun sebagai upaya meningkatkan minat baca di kalangan anak-anak.

"Dengan pemutaran film ini, diharapkan semakin banyak anak-anak yang berkunjung ke perpustakaan. Sebelum nonton film mereka tentu kita arahkan untuk membaca buku di perpustakaan yang ada di lantai 2 dan 3," kata Kepala Sudin Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Timur, Komiasih di Jakarta, Rabu.

Pemutaran film kartun dilakukan sebanyak tiga kali dalam sepekan di studio mini yang berada di dalam kantor Sudin Pusip Jakarta Timur.

Menurut dia, pemutaran film kartun dilakukan setiap hari Selasa dan Kamis mulai dari pukul 13.00 WIB sampai 14.30 WIB. Kemudian pada hari Sabtu dimulai dari pukul 10.30 WIB.

"Kebijakan ini diambil untuk mendongkrak minat baca masyarakat, khususnya anak-anak," kata Komiasih.

Film yang ditampilkan di studio mini yang ada di lantai 2 itu menyiapkan berupa film khusus untuk anak-anak yang ambil dari Disney Junior. Yakni sejumlah film kartun yang menggunakan bahasa Indonesia. Ini sekaligus bagian dari edukasi kepada anak-anak agar  gemar membaca.

Sosialisasi adanya pemutaran film di studio mini ini dilakukan unit yang dipimpinnya melalui media sosial resmi milik Sudin Pusip Jakarta Timur. Di antaranya melalui Instagram, Facebook, Tik Tok, WhatsApp Group dan sebagainya.

Penjaga perpustakaan, Nurul mengatakan dalam pemutaran film ini rata-rata jumlah anak yang nonton sekitar 100 hingga 150 orang. Bahkan pada hari Sabtu, jumlahnya bisa mencapai 200 anak.

"Anak-anak sangat antusias menonton film kartun di studio mini karena filmnya sangat menarik bagi mereka," ujarnya.

Menurutnya, studio mini berukuran sekitar 10x20 meter persegi ini tidak disiapkan kursi, sehingga penonton duduk lesehan agar daya tampungnya lebih banyak

Ruangan pun terasa nyaman karena dilengkapi dengan mesin pendingin.
Baca juga: Kepulauan Seribu targetkan perpustakaan wilayahnya berstandar nasional
Baca juga: Inovasi perpustakaan jadi upaya tingkatkan gemar membaca di Jakarta
Baca juga: DKI kembangkan literasi generasi muda lewat budaya gemar membaca

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2024