Jakarta (ANTARA) - Jajaran TNI AD bekerja sama dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI dalam memperkuat nilai-nilai Pancasila kepada prajurit..

Dalam siaran pers yang diterima ANTARA, Rabu, kegiatan penguatan Pancasila ini dibalut dalam acara seminar bertajuk "Pancasila Sebagai Ideologi Pemersatu Bangsa Indonesia" yang digelar di Solo, Jawa Tengah pada Selasa (28/5).

Komandan Resor Militer (Danrem) 074/Warastratama, Kolonel Inf Ali Akhwan saat memberikan sambutan dalam acara tersebut mengatakan penanaman nilai Pancasila sangat dibutuhkan guna meningkatkan jiwa nasionalisme prajurit.

Nilai-nilai Pancasila, lanjut dia, juga harus menjadi pedoman prajurit dalam upaya melindungi kedaulatan Republik Indonesia.

"Pancasila adalah dasar yang menguatkan persatuan bangsa kita. Dalam dinamika global dan sosial, nilai-nilai Pancasila harus selalu menjadi pedoman," kata Ali.

Hal senada juga dikatakan Direktur Sosialisasi Komunikasi dan Informasi BPIP Agus Mohamad Najib. Menurut dia, nilai nilai Pancasila tidak hanya harus dianut oleh prajurit melainkan seluruh masyarakat Indonesia.

Dengan demikian, seluruh masyarakat memiliki pedoman dalam hidup saling berdampingan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

"Diharapkan seluruh peserta dapat semakin memahami dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, serta memperkuat rasa kebangsaan dan persatuan di tengah masyarakat," kata Agus.

Baca juga: BPIP RI gelar Kirab Pancasila sebagai pengingat bagi anak bangsa
Baca juga: BPIP: Kedaulatan negara bisa tercapai jika mampu kelola sumber daya

Pewarta: Walda Marison
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2024