Purwakarta (ANTARA) - Bupati Rokan Hulu (Rohul), Sukirman, dinilai berpeluang besar untuk maju sebagai bakal calon gubernur pada kontestasi pemilihan gubernur(Pilgub) Riau tahun ini, karena memiliki banyak pengalaman di sektor pemerintahan dan birokrasi.

Wakil Ketua DPC Gerindra Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Nizar, dalam keterangannya diterima, di Purwakarta, Rabu mengatakan, dinamika politik menjelang Pilgub Riau 2024 semakin dinamis dengan mencuatnya nama Sukiman sebagai salah satu bakal calon yang diperhitungkan.

Sukiman, saat ini menjabat sebagai Bupati Rohul sekaligus Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Rohul. Ia dianggap memiliki peluang besar dalam kontestasi Pilgub Riau.

Nizar yang juga tokoh masyarakat di Negeri Seribu Kubah menyebutkan bahwa Sukiman adalah sosok yang memiliki rekam jejak panjang di dunia birokrasi dan pemerintahan.

"Beliau memiliki kapasitas dan pengalaman yang mumpuni untuk memimpin Bumi Lancang Kuning," kata Nizar.

Disebutkan kalau Sukiman sudah dua periode memimpin Rohul, yakni pada periode 2018-2021 dan 2021-2024.

Sukiman juga pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Rohul dua periode, 2006-2011 dan 2011-2016, serta sempat menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Rohul pada tahun 2016-2017.

"Di awal karirnya, tepatnya periode 2000-2004, Sukiman pernah dipercaya sebagai Wakil Ketua DPRD Rohul," sebut Nizar.

Tak hanya itu, Sukiman juga seorang tokoh militer dengan pangkat Letnan Kolonel (Letkol) Arh (Purn), dan pernah menjabat sebagai Komandan Kodim 0301/Pekanbaru dan Kodim 0314/Indragiri Hilir.

"Dari berbagai aspek, beliau sangat layak untuk maju. Pengalamannya sebagai bupati menunjukkan bahwa ilmu pemerintahan dan birokrasinya sudah teruji," terang Nizar.

Selain didukung oleh rekam jejak yang panjang, kata dia, kepemimpinan Sukiman juga dikenal bersih dan berintegritas.

Di bawah kepemimpinannya, Pemkab Rohul berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) selama delapan tahun berturut-turut.

Prestasi ini diraih berkat komitmen Sukiman dalam menjaga akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah.

Nizar menyampaikan, pengalaman yang dimiliki Sukiman mirip dengan Syamsuar, mantan Gubernur Riau 2019-2023 dan mantan Bupati Siak dua periode 2011-2019.

"Tidak ada bedanya dengan Pak Syamsuar, dimana beliau Bupati Siak dua periode. Jadi, tinggal meningkatkan dari kabupaten ke provinsi. Secara tidak langsung, Pak Sukiman sudah teruji dari semua aspek," kata Nizar. 
 

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Guido Merung
COPYRIGHT © ANTARA 2024