Banjarbaru (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan (Kanwil Kemenkumham Kalsel) membutuhkan anggaran sekitar Rp72 miliar untuk pembangunan gedung baru di Kota Banjarbaru.

"Untuk tahap pertama yang mulai pembangunan hari ini kami mendapatkan anggaran Rp26 miliar," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel Taufiqurrakhman di Banjarbaru, Rabu.

Baca juga: ULM dan Kemenkumham Kalsel wujudkan layanan HKI terintegrasi

Pembangunan tahap pertama itu direncanakan selesai pada Desember 2024 mendatang dan secara bertahap dilanjutkan tahun berikutnya sesuai anggaran yang tersedia.

Taufiqurrakhman mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor yang telah memberikan dukungan penuh dalam pembangunan gedung baru di atas lahan seluas lebih kurang 10 ribu meter persegi itu.

Baca juga: Kemenkumham Kalsel nilai kerbau rawa Amuntai layak Indikasi Geografis

Dia menyebut tanah beserta sertifikatnya diberikan oleh gubernur pada tahun 2015 sebagai bentuk dukungan nyata yang sangat berarti bagi Kemenkumham.

Taufiqurrakhman menambahkan, pembangunan gedung baru wujud komitmen mereka dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Baca juga: ANTARA sokong kemajuan pelayanan Kemenkumham Kalsel lewat publikasi

Dengan fasilitas yang lebih baik, diharapkan layanan yang diberikan kepada masyarakat akan semakin optimal dan memuaskan.

"Gedung ini nantinya tidak hanya menjadi tempat bekerja, tetapi juga simbol dedikasi kami dalam menjalankan tugas dan fungsi Kementerian Hukum dan HAM," ujarnya.

Baca juga: Kemenkumham catat sasirangan sebagai kekayaan intelektual komunal

Peletakan batu pertama pembangunan gedung Kanwil Kemenkumham Kalsel hari ini dihadiri Staf Ahli Menkumham RI Bidang Sosial Kosmas Harefa dan Kepala Biro PBMN Sekretariat Jenderal Kemenkumham Aman Riyadi.

Kosmas dalam sambutannya menekankan pentingnya kehadiran Kemenkumham yang harus dirasakan oleh masyarakat melalui layanan prima yang diberikan.

"Saya berpesan kepada jajaran Kemenkumham Kalsel untuk selalu menjaga semangat, komitmen, dan integritas dalam menjalankan tugas," kata dia.

Baca juga: Kemenkumham Kalsel berikan penghargaan Paralegal berprestasi 

Sementara Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel Roy Rizali Anwar mewakili gubernur mengucapkan apresiasi atas sinergi yang terjalin antara Kanwil Kemenkumham Kalsel dengan jajaran Forkopimda selama ini.

Roy mengakui peran Kanwil Kemenkumham Kalsel sangat strategis dalam pelayanan dan penegakan hukum serta perlindungan HAM, sehingga perlu adanya sarana dan prasarana berupa kantor yang lebih representatif.

Ia menegaskan bahwa Pemprov Kalsel mendukung penuh pembangunan gedung kantor di kompleks perkantoran Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan itu.
Peletakan batu pertama pembangunan gedung Kanwil Kemenkumham Kalsel di Banjarbaru dihadiri Staf Ahli Menkumham RI Bidang Sosial Kosmas Harefa, Rabu (29/5/2024). (ANTARA/Firman)

Pewarta: Firman
Editor: Tunggul Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2024