Jakarta (ANTARA) - Pemain NBA dari tim Charlotte Hornets Marquez Bolden kagum dengan perkembangan olahraga bola basket di Indonesia yang dinilainya telah berkembang pesat dibandingkan dengan empat tahun lalu.

Bolden yang juga merupakan pemain naturalisasi Timnas Basket Indonesia merasakan perbedaan dalam bola basket nasional sejak dia pertama kali ke Indonesia dengan kondisi saat ini.

"Sungguh menakjubkan. Dibandingkan saat saya pertama kali datang ke sini empat tahun lalu, pertumbuhan dalam empat tahun terakhir sungguh bagus. Saya merasa tim nasional telah menjadi bagian besar dari kesuksesan kami baru-baru ini, dan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia Bola Basket tahun lalu," kata Bolden kepada pewarta di Jakarta, Rabu.

Menurutnya, penyelenggaraan Piala Dunia Bola Basket 2023 di Indonesia sangat memberikan dampak besar, tidak hanya untuk menyajikan pertunjukan basket kelas dunia, namun juga berdampak pada para pemain lokal.

Dengan hadirnya tim yang diisi oleh pemain-pemain papan atas NBA seperti Kanada, Prancis, Latvia dan lainnya memberikan kesempatan pada para pebasket lokal untuk melihat langsung dari dekat dan mengambil pelajaran dari penampilan mereka.

Baca juga: Marques Bolden tekankan pentingnya Indonesia terus timba pengalaman
Baca juga: Bolden 40 poin, Indonesia menang 91-82 atas Kazakhstan


Bolden yang juga memiliki nama Indonesia Joyo tersebut meyakini masa depan cerah untuk bola basket Indonesia dengan berbagai perkembangan yang ada hingga saat ini. Dia juga meyakini banyak anak-anak dan pemuda yang begitu senang dengan olahraga bola basket dan bisa menjadi masa depan bagi olahraga bola basket di Indonesia.

"Jadi saya bersemangat untuk masa depan. Saya merasa masa depan bola basket Indonesia berada di tangan yang tepat berkat generasi muda yang kita miliki di sini. Jadi terus menyebarkan kesadaran dan menyebarkan kecintaan terhadap olahraga ini hanyalah satu hal yang kami coba lakukan," kata Bolden.

Marquez Bolden bersama dengan rekan satu timnya di Charlotte Hornets datang ke Indonesia untuk mengisi program Jr NBA. Program tersebut memperkenalkan lebih dalam mengenai bola basket ke anak-akan sekolah mulai dari SD hingga SMA.

Bolden dan Williams akan memberikan pelatihan singkat tentang bola basket kepada anak-anak di Indonesia dalam program Jr NBA.

Baca juga: Pemain Timnas Indonesia akan bermain untuk tim NBA Milwaukee Bucks

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2024