Jakarta (ANTARA) - Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mengatakan kalangan lanjut usia (lansia) punya peran memajukan peradaban bangsa melalui pengalaman yang mereka miliki untuk ditularkan kepada generasi selanjutnya.

"Pengalaman hidup menempatkan lansia bukan hanya sebagai orang yang dituakan dan dihormati di lingkungannya tapi dapat berperan sebagai agen perubahan,” kata Ali Maulana Hakim dalam Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-28 2024 yang digelar Komunitas Lansia Kembang Mawar di Jakarta, Rabu.

Ia menilai lansia dapat berperan sebagai agen perubahan lingkungan keluarga maupun lingkungan masyarakat dengan segudang pengalaman hidup yang mereka miliki.

Peringatan HLUN kali ini mengusung tema "Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat", selaras dengan Gerakan Nasional Lansia Berdaya yang bertujuan agar lansia dapat menjalani masa lansia yang berkualitas, bahagia, dan mandiri.

Baca juga: Mensos: Perawatan lansia di panti sosial bukan budaya bangsa Indonesia

Menurut Ali, lansia berkualitas, bahagia dan mandiri bisa dicapai dengan cara mengatur pola hidup dan menjaga kesehatan.

"Dengan begitu, lansia bisa tetap aktif dan produktif bagi diri, keluarga, dan lingkungannya," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Komunitas Lansia Kembang Mawar Harjadinata menjelaskan komunitas yang dipimpinnya beranggotakan sebanyak 160 lansia.

Komunitas Lansia Kembang aktif menggelar berbagai macam kegiatan untuk mendukung visi lansia berdaya, produktif, dan hidup bahagia.

“Alhamdulillah saat ini komunitas ini telah beranggotakan 160 orang. Di acara ini juga hadir sekitar 50 calon anggota baru yang nantinya akan bergabung,” kata Harjadinata.

Baca juga: Legislator minta DKI ratakan jumlah penerima Kartu Lansia Jakarta
 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Ade irma Junida
COPYRIGHT © ANTARA 2024