Jakarta (ANTARA) - CEO Tokocrypto Yudhono Rawis memproyeksikan bahwa nilai transaksi aset kripto di tanah air dapat mencapai Rp800 triliun dalam setahun.

"Full year (transaksi) bisa ke Rp800 triliun," ujar Yudhono saat berkunjung ke ANTARA Heritage Center, Pasar Baru, Jakarta, Rabu.

Ia memproyeksikan setiap kuartal selama tahun ini, nilai transaksi aset kripto akan selalu mencapai angka Rp160 triliun, bahkan dapat mencapai Rp200 triliun per kuartal.

"Jadi, untuk yang second half, singkatnya mungkin kuartal III dan kuartal IV itu rata-rata naik lah dari Rp160 triliun per kuartal jadi mungkin sekitar Rp200 triliun sama Rp200 triliun. Jadi, kurang lebih Rp400 triliun kali ya di semester kedua (tahun ini)," ujar Yudhono.

Dalam kesempatan ini, ia menjelaskan bahwa resminya produk ETF berbasis Bitcoin (BTC) yang berpotensi akan disusul ETF berbasis Ethereum (ETH) di Amerika Serikat (AS) telah memberikan dampak positif terhadap pasar aset kripto, baik dalam negeri maupun global.

Otoritas bursa AS atau US Securities & Exchange Commission (SEC) telah meresmikan ETF Bitcoin (BTC) pada 12 Januari 2024, dan baru-baru ini ETF berbasis Ethereum (ETH) telah mendapatkan lampu hijau dan diproyeksikan akan meluncur akhir tahun ini.

"Nah, saya pikir itu akan driving secara global. Jadi, akan driving, harusnya bisa drive Bitcoin price lagi dan Ethereum price di second half ya. Demikian, trade volume juga akan lebih bagus lagi nanti," ujar Yudhono.

Sampai kuartal I 2024, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) melaporkan nilai transaksi aset kripto di Indonesia mencapai Rp158,8 triliun atau meningkat hampir 400 persen year on year (yoy) dibandingkan periode sama tahun sebelumnya.

Bersamaan dengan itu, jumlah investor aset kripto di tanah air juga meningkat menjadi sebanyak 19,75 juta investor kripto atau bertambah sekitar 570.000 investor, naik 2,97 persen month to month (mtm) dibandingkan Februari 2024 yang sebanyak 19,18 juta investor.

Baca juga: Tokocrypto catat peningkatan transaksi kripto 40 persen selama Ramadan
Baca juga: Tokocrypto perkirakan Bitcoin berpeluang tembus ATH kembali
Baca juga: Tokocrypto: Tren positif IHSG pascapemilu jadi cerminan pasar kripto

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Kelik Dewanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024