Jakarta (ANTARA) - Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri) meraih penghargaan TOP CSR Awards 2024 dalam mengusung inisiatif dekarbonisasi untuk masa depan berkelanjutan.

Peruri meraih penghargaan tersebut yang diselenggarakan oleh Majalah Top Business dengan kategori TOP CSR Bintang 4 dan Top Leader on CSR Commitment 2024 yang diberikan kepada Direktur Utama Peruri Dwina Septiani Wijaya.

Adapun, penghargaan tersebut diterima oleh Kepala Biro Strategic Corporate Branding & Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Peruri Ratih Sukma Pratiwi di Jakarta, Rabu.

"Kami terus berkomitmen melakukan upaya-upaya konkret terhadap pelestarian lingkungan, salah satunya melalui program dekarbonisasi. Pada 2030, Peruri memiliki target dekarbonisasi sebanyak 32 persen. Penghargaan ini memotivasi kami untuk terus berkontribusi positif bagi masyarakat, lingkungan, dan perusahaan," kata Ratih dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Peruri menjalankan program dekarbonisasi seperti yang tertuang dalam peta jalan Peruri Hijau dan secara khusus pada peta jalan pengurangan emisi gas rumah kaca (GRK).

Sementara, TOP CSR Award 2024 mengusung tema CSR & ESG Innovation Programs for Sustainable Business Growth sebagai apresiasi terhadap perusahaan yang dinilai berhasil dalam menjalankan program CSR/TJSL yang efektif dan berkualitas, selaras dengan strategi bisnis perusahaan.

Dalam sesi penjurian TOP CSR Award 2024, Head of Corporate Secretary Peruri Adi Sunardi mengatakan bahwa program dekarbonisasi tersebut untuk mendukung keberlanjutan perusahaan ke depan.

"Banyak hal yang kami lakukan, di antaranya menggunakan energi terbarukan, menggunakan peralatan dan mesin yang lebih efisien, pemasangan panel surya dan penanaman ratusan pohon di Kawasan Produksi Karawang, penggunaan mobil listrik untuk kendaraan operasional hingga pengurangan penggunaan kertas (paperless) menggunakan layanan digital Peruri seperti tanda tangan dan stempel digital," ungkap Adi.

Target dekarbonisasi 32 persen pada 2030 diharapkan dapat memberikan dampak signifikan dalam upaya global menekan laju perubahan iklim. Dengan mengurangi emisi karbon, Peruri tidak hanya berkontribusi pada pengurangan GRK, tetapi juga meningkatkan kualitas udara dan kesehatan masyarakat di sekitar operasional perusahaan.

Kesuksesan program tersebut juga bergantung pada kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, komunitas lokal, dan mitra bisnis. Untuk itu, Peruri berkomitmen untuk bekerja sama dalam menciptakan solusi inovatif yang dapat mendukung transisi menuju ekonomi rendah karbon.

Peruri pun menyatakan program dekarbonisasi merupakan bukti nyata dari tujuan perusahaan untuk menciptakan masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan bagi generasi mendatang.

Baca juga: Erick Thohir optimistis Peruri siap emban tugas jalankan GovTech
Baca juga: Peruri: Logo baru tandakan kesiapan jalani penugasan sebagai GovTech

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2024