Samarinda (ANTARA) - Penjabat Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Akmal Malik meraih penghargaan kearsipan tahun 2024 dalam kategori Tokoh Daerah oleh lembaga Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Penghargaan diberikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) ANRI, Imam Gunarto, pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kearsipan di Hotel Mercure Samarinda, Selasa.

Penghargaan tersebut diberikan kepada Pj Gubernur Kaltim atas komitmennya dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan kearsipan nasional.

Selain Pj Gubernur Kaltim, penghargaan serupa juga diterima oleh Menteri Dalam Negeri, Menteri Keuangan, Menteri Kesehatan, Menteri Ketenagakerjaan, dan Jaksa Agung.

“Kami mengucapkan terima kasih. Ini adalah momentum yang baik bukan hanya bagi Kaltim tetapi juga seluruh daerah otonom di Indonesia. Ini saatnya kita mulai dengan digitalisasi. Pendekatan analog kertas selama ini harus kita dorong ke depan," ujar Akmal Malik.

Baca juga: ANRI evaluasi hasil pengawasan untuk peningkatan kualitas kearsipan
Baca juga: ANRI resmikan Ekshibisi One Stop Service kearsipan nasional


Akmal mengatakan Kaltim sudah memulai upaya ini atas binaan dari ANRI dengan menghadirkan arsip yang benar-benar menggunakan pendekatan digital.

Apalagi sekarang Kaltim adalah daerah penyangga IKN, di mana IKN adalah kota yang sangat digital. "Ini adalah momentum dan langkah besar bagi Indonesia ke depan,” tambahnya.

Penghargaan ini menandai langkah signifikan dalam upaya digitalisasi kearsipan di Kalimantan Timur dan menunjukkan komitmen pemerintah daerah dalam memajukan kualitas penyelenggaraan kearsipan nasional.

Baca juga: ANRI tekankan pentingnya jaga peradaban melalui penyelamatan arsip
Baca juga: Rakornas HKN 2024 di Kaltim pertajam pengelolaan kearsipan Indonesia
Baca juga: ANRI: Kearsipan jaga kontinuitas pemerintahan dan kenegaraan

 

Pewarta: Arumanto
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2024