Jakarta (ANTARA) - Carlos Alcaraz membutuhkan empat set untuk mencapai babak ketiga French Open, Rabu, di tengah hujan yang mengacaukan jadwal turnamen.

Alcaraz berhasil melewati kekalahan pada set ketiga melawan petenis peringkat 176 dunia Jesper de Jong sebelum petenis Spanyol itu menang 6-3, 6-4, 2-6, 6-2 di lapangan lapangan Philippe Chatrier.

Juara Wimbledon Alcaraz tiba di Paris dengan keraguan atas kondisi kebugarannya setelah cedera lengan kanan membuatnya absen selama hampir sebulan.

Setelah hanya kalah dalam empat gim pada pertandingan pertamanya di Roland Garros, unggulan ketiga Alcaraz tampaknya akan dengan mudah melewati De Jong, petenis asal Belanda yang baru dua kali ambil bagian dalam undian utama Grand Slam, namun ia pada akhirnya harus bekerja lebih keras dari yang diharapkan.

Baca juga: Alcaraz percaya diri berjaya dalam French Open

Alcaraz yang berusia 21 tahun dipatahkan sebanyak lima kali dan melakukan 47 kesalahan sendiri sebelum De Jong, yang memainkan pertandingan kelimanya di turnamen tersebut, akhirnya melemah.

"Setiap pemain bisa menyusahkan Anda," kata Alcaraz, seperti disiarkan AFP.

"Anda harus fokus di setiap babak, harus bermain sebaik mungkin, tidak peduli apa pun peringkatnya. Jesper punya pekerjaan dan level untuk menembus 100 besar."

Alcaraz selanjutnya akan menghadapi unggulan ke-27 dari Amerika Sebastian Korda atau petenis Korea Selatan Kwon Soon-woo untuk memperebutkan tempat di babak 16 besar.

Baca juga: Osaka semangat tantang Swiatek di babak kedua French Open

Sementara itu, mantan finalis French Open Stefanos Tsitsipas mencapai babak 32 besar untuk tahun keenam kali berturut-turut dengan kemenangan 6-3, 6-2, 6-7 (2/7), 6-4 atas petenis Jerman Daniel Altmaier.

Sofia Kenin, runner-up pada 2020, menjadi petenis putri pertama yang lolos ke babak ketiga setelah mengalahkan petenis nomor satu Prancis Caroline Garcia 6-3, 6-3 saat permainan di semua kecuali dua lapangan utama harus dibatalkan karena hujan.

Aksi di Lapangan Simonne Mathieu dan lapangan luar lainnya sempat terhenti selama lima jam sejak menjelang tengah hari waktu setempat sebelum diambil keputusan untuk membatalkan 23 pertandingan tunggal.

Unggulan kedelapan Ons Jabeur mengalahkan petenis Kolombia Camila Osorio dalam tiga set pada pertandingan babak kedua lainnya yang telah diselesaikan.

Baca juga: Djokovic yakin Nadal kembali ke French Open tahun depan

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2024