Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik telah diwartakan Kantor Berita ANTARA pada hari Rabu (29/5), mulai dari usia pensiun anggota TNI/Polri direvisi untuk menyamakan dengan aturan ASN hingga serba-serbi Pilkada 2024.

Berikut sejumlah berita politik kemarin untuk kembali Anda simak.

1. Komisi III: Usia pensiun TNI dan Polri direvisi agar sama dengan ASN

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Pangeran Khairul Saleh mengatakan usia pensiun anggota TNI dan Polri direvisi dalam undang-undang untuk menyamakan dengan aturan aparatur sipil negara (ASN).

Selain itu, menurutnya angka tingkat harapan hidup masyarakat di Indonesia pun saat ini meningkat. "Semuanya kan sudah 60 tahun (usia pensiun), tinggal Polri sama TNI saja yang belum," kata Saleh di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (29/5).

Baca selengkapnya di sini.

2. Ketua MPR terima aspirasi usulan perubahan UU Otsus Papua

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menerima aspirasi dari Majelis Rakyat Papua (MRP) se-Papua terkait dengan berbagai usulan perubahan Undang-Undang tentang Otonomi Khusus (Otsus) Papua.

Bambang Soesatyo mengatakan bahwa perubahan tersebut untuk menguatkan posisi orang asli Papua (OAP) dalam pemerintahan. Hal ini mengingat dana otonomi khusus Papua yang mencapai Rp9,62 triliun kini langsung dialokasikan ke berbagai kabupaten/kota.

"Pemanfaatannya oleh para gubernur/wakil gubernur, wali kota/wakil wali kota, hingga bupati/wakil bupati, sebagai pemimpin daerah, lebih baik jika berasal dari OAP yang merasakan langsung denyut nadi kehidupan masyarakat Papua," kata pria yang akrab disapa Bamsoet itu dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Rabu (29/5).

Baca selengkapnya di sini.

3. Menkopolhukam: Pilkada di Papua jadi atensi pemerintah pusat

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) RI Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto menyebut penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 di Tanah Papua menjadi atensi pemerintah pusat.

"Untuk itu diperlukan sinergi antara penyelenggara pemilu, pemerintah dan seluruh masyarakat sehingga penyelenggaraan pilkada di Papua berjalan baik lancar dan aman," katanya dalam rapat koordinasi kesiapan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 di Kota Jayapura, Rabu (29/5).

Baca selengkapnya di sini.

4. Wapres tekankan investigasi dalam RUU Penyiaran adalah hak publik

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menekankan kebebasan pers yang sudah ditekankan dalam Undang-Undang Pers tidak terkendala dalam Rancangan Undang-Undang tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran.

"Yang penting itu masalah kebebasan pers sesuai undang-undang yang ada itu tidak terkendala," kata Wapres usai meninjau keberangkatan jamaah haji asal Aceh, di Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh, Rabu (29/5).

Baca selengkapnya di sini.

5. PKB buka komunikasi dengan Anies Baswedan untuk Pilkada Jakarta

Ketua Desk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Halim Iskandar menyatakan partai-nya membuka komunikasi dengan Anies Baswedan untuk maju di Pilkada Jakarta pada November 2024.

"Soal DKI kami sudah melakukan komunikasi oleh ketua umum, semuanya diserahkan melalui Desk Pilkada. Kami sedang melakukan pendalaman dan diskusi dengan Pak Anies Baswedan," katanya dalam jumpa pers di Kantor DPP PKB, Jakarta, Rabu (29/5).

Baca selengkapnya di sini.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2024