Jakarta (ANTARA) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mendorong Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) San Francisco di Amerika Serikat untuk terus meningkatkan berbagai upaya pelayanan publik, termasuk melalui transformasi digital, sehingga lebih mudah diakses dan mampu menjawab kebutuhan masyarakat.

“Kunjungan ini menjadi momen berharga dalam mengukuhkan hubungan yang erat antar pemerintah yang berada di Indonesia dan perwakilan di luar negeri, serta sebagai kesempatan bagi kami untuk melihat pelayanan yang berada di KJRI San Francisco,” kata Anas dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Di wilayah pelayanan KJRI San Francisco terdapat sekitar 20.000 warga negara Indonesia. Mereka berstatus sebagai pelajar, mahasiswa, pekerja sektor teknologi, perawat, dan sebagainya. Silicon Valley, jantung teknologi dunia tempat ribuan perusahaan TI dunia berada, terdapat di wilayah pelayanan KJRI San Francisco.

“KJRI San Francisco juga melayani para talenta digital Indonesia yang bekerja di Silicon Valley. Kami sangat berharap KJRI San Francisco dapat terus berkomitmen supaya dapat memberikan pelayanan terbaik kepada para WNI," jelasnya.

Dia juga menegaskan KJRI San Francisco memiliki peran yang strategis dalam mempromosikan investasi, perdagangan, dan pariwisata Indonesia kepada masyarakat dan pemangku kepentingan di wilayah akreditasinya.

Kolaborasi yang erat dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, lembaga bisnis, dan komunitas diaspora, akan menjadi kunci keberhasilan dalam memperluas kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Amerika Serikat.

Selain itu, Anas berharap KJRI San Francisco mendukung agenda reformasi birokrasi, peningkatan kualitas SDM aparatur, dan pemanfaatan teknologi informasi dalam pelayanan publik.

“Kami yakin bahwa dengan sinergi antara pemerintah pusat, perwakilan di luar negeri, dan masyarakat, kita dapat menciptakan pelayanan publik yang lebih baik dan membangun Indonesia yang lebih maju dan berdaya saing di tingkat global," ujar Anas.

Sementara itu, Konjen RI San Francisco Prasetyo Hadi mengatakan akan terus meningkatkan pelayanan publik di KJRI San Fransisco untuk dapat memberi kemudahan masyarakat dalam mengurus berbagai layanan.

“Kami berterima kasih atas kunjungan Menteri PANRB bersama delegasi di KJRI San Fransisco. Semoga arahan Menteri PANRB terkait perbaikan pelayanan publik yang berdampak dapat segera diimplementasikan,” pungkas Prasetyo.
Baca juga: KJRI San Fransisco apresiasi promosi budaya Indonesia di AS
Baca juga: Menpan RB nilai perbaikan layanan imigrasi tingkatkan iklim investasi
Baca juga: Presiden akan buka SPBE Summit 2024 dan luncurkan GovTech RI

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Guido Merung
COPYRIGHT © ANTARA 2024