Almaty, Kazakhstan, (ANTARA/PRNewswire)- Hanya dalam waktu 6 bulan setelah Kazakhstan meluncurkan digital tenge, yaitu Mata Uang Digital Bank Sentralnya, lebih dari 10 layanan kartu CBDC inovatif tersedia bagi 20 juta penduduk negara tersebut. Altyn Bank, Eurasian Bank, dan Halyk Bank memanfaatkan sistem perangkat lunak pembayaran digital Way4 untuk segera bergabung di proyek CBDC ini dan mendapatkan 72% pengguna awal untuk kartu digital tenge tersebut. Jejak digital tenge semakin luas, dengan rencana 36 penggunaan fungsi baru untuk tahun 2024 dan 2025, menurut National Payment Corporation Kazakhstan.

Nasabah bank di Kazakhstan dapat mengajukan permohonan kartu CBDC virtual dan plastik untuk digunakan berbelanja di toko maupun e-commerce di seluruh jaringan global Mastercard dan Visa. Selain itu, mereka dapat menarik uang tunai di ATM; menghubungkan kartu mereka ke Google Pay, Apple Pay, dan Samsung Pay; memantau saldo kartu CBDC dan melihat riwayat transaksi melalui mobile banking; dan mendapatkan berbagai layanan terkait lainnya.

Lebih dari 130 negara secara aktif melakukan penelitian atau menerapkan CBDC. Meskipun sebagian besar transaksi CBDC dilakukan melalui sarana web dan seluler, proyek tenge digital ini menawarkan peralatan yang nyata kepada konsumen untuk pembayaran CBDC.

Proyek Digital Tenge Kazakhstan berusaha mencapai beberapa tujuan ambisius. Antara lain meningkatkan perdagangan lintas batas, meluncurkan inisiatif sosial dan anti-korupsi yang inovatif, dan memungkinkan integrasi antara CBDC dan platform non-government DeFi. Way4 mendukung penerbitan kartu dan penciptaan inovasi bagi banyak anggota ekosistem digital tenge: National Payment Corporation, Eurasian Bank, Altyn Bank, Halyk Bank, dan layanan pos nasional di Kazakhstan. Dibantu oleh mitra mereka, OW Kazakhstan, tiga perusahaan pembayaran ini mengintegrasikan sistem pemrosesan kartu mereka dengan platform Digital Tenge dalam waktu kurang dari dua bulan.

Kesuksesan integrasi kartu CBDC ke ekosistem pembayaran Kazakhstan adalah hasil pendekatan pola berpikir yang maju di negara ini dan juga kekuatan infrastruktur perbankannya. Sudah banyak bank Kazakhstan telah lama menggunakan sistem perangkat lunak Way4 dari OpenWay untuk memperkenalkan berbagai inovasi yang inovatif: misalnya, kartu UnionPay pertama yang diterbitkan di luar Tiongkok dan transfer Visa P2P seluler pertama di dunia.

Untuk penerbitan dan penukaran CBDC, regulator pembayaran di Kazakhstan memilih platform Corda R3. Didukung oleh Way4, Corda, dan berbagai teknologi lain, Kazakhstan semakin memperkuat posisinya di panggung ekonomi internasional.

Untuk informasi selengkapnya tentang Way4 dan perannya dalam transaksi CBDC, harap kunjungi openwaygroup.com

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2024