Padang (ANTARA) -
Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah menilai pelaksanaan Minangkabau Halal Festival tahun 2024 memperkuat iklim industri halal di provinsi itu dan sejalan dengan UU Nomor 17 Tahun 2022 tentang Provinsi Sumbar.
 
"Sumbar meraih gelar Juara Umum dalam Anugerah Adinata Syariah 2024. Ini menunjukkan upaya kita untuk mengembangkan ekonomi syariah telah menunjukkan hasil yang nyata," katanya di Padang, Kamis.

Baca juga: BPOM paparkan mekanisme pengawasan bahan halal dalam produk kosmetik
 
Menurutnya, hal itu sejalan pula dengan harapan Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin terkait pertumbuhan industri halal Indonesia yang tertumpang ke Sumbar.
 
Ia mengatakan, untuk memperkuat iklim industri halal dan ekonomi syariah tersebut perlu didukung oleh berbagai kegiatan seperti Minangkabau Halal Festival.
 
"Kita mengundang generasi muda, para enterpreneur untuk bisa menggelar berbagai kegiatan terkait industri halal dan ekonomi syariah seperti ini,"katanya.
 
Ia mengatakan kegiatan  yang berkaitan dengan industri halal juga akan memperkuat branding produk-produk Usaha Kecil Menengah (UKM) asal Sumbar di tingkat nasional bahkan internasional.

Baca juga: Dosen Unair: Sertifikasi halal penting bagi UMKM di pasar global
 
"Ini akan mempercepat pengembangan UKM di Sumbar," katanya.
 
Pada kesempatan itu, Gubernur juga memberikan apresiasi kepada Universitas Negeri Padang yang bersedia memfasilitasi tempat untuk pelaksanaan Minangkabau Halal Festival dua tahun berturut-turut.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumbar, Endrizal mengatakan Minangkabau Halal Festival digelar pada 30 Mei hingga 02 Juni 2024.
 
Setidaknya 100 tenan (both) akan ambil bagian pada Minangkabau Halal Festival yang berlangsung di Auditorium Universitas Negeri Padang (UNP) tersebut. Mulai dari tenan yang akan memproduksi produk makanan, kosmetik, properti, dan lain sebagainya.*

Baca juga: BPJPH dan Ditjen PKTN bersinergi dorong sertifikasi halal

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Sambas
COPYRIGHT © ANTARA 2024