Pekanbaru (ANTARA) - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dijadwal menghadiri upacara Hari Lahir Pancasila tingkat Nasional di Kota Dumai pada 1 Juni 2024, yang digelar di Lapangan Garuda Kompleks Pertamina Hulu Rokan (PHR).

"Alhamdulillah, Riau dipilih sebagai tempat upacara Hari Lahir Pancasila oleh Pak Presiden. Jadi, Riau selain mempunyai ketahanan pangan, juga ketahanan energi," kata Pj Gubernur Riau SF Hariyanto usai rapat tertutup dalam rangka persiapan kunjungan Presiden RI ke Riau, di Pekanbaru, Kamis.

Baca juga: Wakil Kepala BPIP tinjau kesiapan lokasi upacara Hari Lahir Pancasila

Ia menjelaskan bahwa latar belakang untuk apel ada lambang Garuda, kemudian tangki minyak besar sebagai tanda ketahanan energi Indonesia.

SF Hariyanto menyampaikan bahwa saat ini Pertamina Hulu Rokan telah memproduksi cukup besar.

"Riau sudah bisa memproduksi energi dengan memberikan kontribusi terbesar di Indonesia," katanya.

Ia menyebutkan bahwa kunjungan kerja Presiden ke Riau selama dua hari diawali dengan peresmian jalan Tol Bangkinang - XIII Koto Kampar dan peresmian Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Kota Pekanbaru. Berikutnya, apel Hari Lahir Pancasila serta peninjauan pasar.

Sebelumnya, Kabag Administrasi Protokol dan Undangan Kementerian Sekretariat Negara, Muhammad Saiful menjelaskan bahwa Riau terpilih karena ingin menunjukkan kepada tamu undangan dan dunia bahwa Indonesia memiliki ketahanan energi yang besar.

"Dipilihnya Kota Dumai atau Pertamina Hulu Rokan, karena Pak Presiden sendiri yang menentukan itu dan menandakan ini sebagai ketahanan energi dari Indonesia," kata Saiful.

Baca juga: BPIP siapkan paskibraka nasional untuk upacara Harlah Pancasila

Baca juga: BPIP: Jokowi akan pimpin upacara Harlah Pancasila di Blok Rokan

Pewarta: Frislidia
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2024