Jakarta (ANTARA) - Samsung Electronics menyatakan bahwa produk laptop baru yang dilengkapi fitur kecerdasan buatan (Artificial Intelliegence/AI), Galaxy Book 4 Edge, akan tersedia secara global mulai 18 Juni 2024.

Kantor berita Yonhap pada Kamis mengutip pernyataan perusahaan yang menyebutkan bahwa Galaxy Book 4 Edge didukung prosesor Qualcomm Snapdragon X Elite serta kemampuan AI pada perangkat dan cloud.

Fitur AI pada Galaxy Book 4 Edge mencakup layanan penerjemahan dan pencarian real-time serta konektivitas otomatis dengan ponsel pintar dan tablet pengguna.

Laptop ini juga menawarkan fitur pencarian berbasis gambar yang disebut "Circle to Search" pada layar sentuh AMOLED 3K.

Selain itu, Samsung berkolaborasi dengan Microsoft menghadirkan program "Cocreator" dan "Paint" dengan kunci AI khusus untuk bantuan yang lebih baik guna mendukung kerja kreatif.

Baca juga: Samsung akan pimpin pasar lewat perangkat pintar terhubung AI

Baca juga: Samsung akuisisi startup teknologi medis AI asal Prancis


"Produk ini akan dirilis secara global, diluncurkan di 10 negara termasuk Korea Selatan, Amerika Serikat, dan beberapa di Eropa," kata pemimpin bagian produk Samsung Electronics Park Jun-ho.

"Di era baru AI, kami bekerja keras untuk mengantisipasi dan mendorong perubahan signifikan. Kami ingin memberikan dampak yang berarti," dia menambahkan.

Menurut dia, semua fungsi dan teknologi AI yang dirilis Samsung Electronics akhir tahun ini akan diintegrasikan ke semua laptop Galaxy. 

Ia menyampaikan bahwa Samsung Electronics mengharapkan dua dari setiap tiga laptop yang dijual di pasar Korea berasal dari seri Galaxy Book.

Samsung Electronics saat ini memimpin pasar laptop Korea Selatan, tercatat memegang pangsa 49,5 persen pada kuartal pertama tahun ini.

Baca juga: Kemitraan Samsung dengan iFixit dalam hal perbaikan mandiri berakhir

Baca juga: Galaxy Z Fold6 disebut miliki layar lebih lebar dibanding pendahulunya

 

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2024