Bogor (ANTARA) - Pengurus Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) fokus memberi menit bermain kepada para pemain muda dengan menurunkan mereka di AVC Challenge Cup 2024 yang berlangsung di Isa Town, Bahrain, 2-9 Juni.

Ketua Umum PBVSI Imam Sudjarwo menjelaskan terdapat kendala yakni keterlambatan AVC mengirim jadwal kompetisi sehingga bertabrakan dengan Proliga 2024, sehingga untuk menghindari pengurangan poin karena tidak mengikuti kompetisi, PBVSI memutuskan untuk memberikan menit bermain kepada tim muda karena para pemain senior tidak memungkinkan untuk berlaga karena fokus di Proliga 2024.

"Saya sudah jelaskan kendalanya itu karena ada kebersamaan program Proliga 2024 dengan event-event internasional, kalau kita tidak mengirim kita bisa dikurangi 50 poin. Kalau dengan kita menang saja bisa dapat poin, kalau memang turun tidak akan turun begitu jauh. Dan yang kedua, ini sebuah pembinaan prestasi. Dari pihak AVC saja angkat jempol kepada kita, ini adalah proses pembinaan prestasi," ujar Imam Sudjarwo dalam konferensi pers di Bogor, Kamis.

PBVSI memanggil 14 pemain yang berasal dari tim Proliga yakni Jakarta Garuda Jaya, Jakarta LavAni, dan Palembang Sumsel Babel, serta terdapat mantan pemain dari klub Surabaya Samator.

Imam menguraikan skema penggunaan pemain junior di sejumlah kejuaraan internasional memanglah lazim dan kerap digunakan oleh sejumlah negara seperti China. Nantinya tim Merah Putih ini diproyeksikan untuk tampil di AVC Asian Mens U-20 2024.

"Semuanya juga (punya skema) seperti itu, misalnya China punya tim yang tidak bermasalah dengan kegiatan duplikasi seperti ini, namun di event-event tertentu mereka mengirim juniornya makanya mereka bisa maju terus. Nah sasaran kita saat ini sekaligus pembinaan yaitu di AVC Asian Mens U-20 2024," ujar Imam.

Baca juga: PBVSI berangkatkan 14 pemain timnas putra menuju AVC Challenge Cup

Tim asuhan Joni Sugiyatno tersebut akan menempati Pul C menghadapi dua pesaing kuat yakni Korea Selatan dan Qatar. Tim Merah Putih akan memulai langkah di AVC Challenge Cup 2024 dengan menghadapi Korea Selatan pada Minggu (2/6).

Daftar pemain timnas Indonesia:
1. Mohammad Fahril Setiawan
2. I Ketut Yudi Aditya
3. M Ega Yuri
4. Darda Mulya
​​​​​​​5. Rangga Dwi Hatmojo
​​​​​​​6. Putrada Tri Nugroho
​​​​​​​7. Raihan Rizky Attorif
​​​​​​​8. Krisna
​​​​​​​9. Rama Fazza Fauzan
​​​​​​​10. Agustino
​​​​​​​11. Muhamad Reyhan
​​​​​​​12. Yohanes Dedi Prasasti
13. Fauzan Nibras
​​​​​​​14. Muhamad Gani Loveano
​​​​​​​
Pelatih : Joni Sugiyatno
​​​​​​​Assisten pelatih : Anwar Sadat
Assisten pelatih 2 : Miko Fajar Bramantyo
​​​​​​​Manajer : Loudryans Arison
​​​​​​​
Baca juga: PBVSI panggil 12 pemain putri U-18 untuk kejuaraan di Thailand
Baca juga: Indonesia berniat ajukan diri jadi tuan rumah Piala Dunia Voli U21

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
COPYRIGHT © ANTARA 2024