Maumere (ANTARA) - Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi banjir lahar hujan dari Gunung Ile Lewotolok di Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Bagi masyarakat yang bermukim di sekitar aliran sungai, waspada terhadap banjir lahar hujan," kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Ile Lewotolok Jeffry Pugel ketika dihubungi dari Maumere, ibu kota Kabupaten Sikka, Kamis.

Informasi itu diberikan karena terpantau adanya hujan di puncak Gunung Ile Lewotolok.

Menurut Jeffry semua sungai atau kali yang berhulu dari puncak Gunung Ile Lewotolok berpotensi banjir lahar ketika terjadi hujan dengan intensitas tinggi di puncak.

"Sehingga jika terjadi hujan di puncak, masyarakat harus waspada potensi ancaman lahar hujan itu," ucapnya mengingatkan.

Gunung Api Ile Lewotolok merupakan gunung api di NTT yang satu-satunya berada pada Level III atau Siaga.

Baca juga: Badan Geologi sebut ada penambahan jarak aliran lava Ile Lewotolok

Dari laporan aktivitas gunung api yang disampaikan oleh Pos Pengamatan Gunung Api Ile Lewotolok, terdapat 15 kali letusan dengan tinggi 200-300 meter sejak pukul 06.00 Wita hingga 12.00 Wita.

Badan Geologi pun merekomendasikan agar masyarakat tidak melakukan aktivitas dalam wilayah radius dua km dari pusat erupsi gunung.

Masyarakat juga perlu mewaspadai potensi ancaman guguran atau longsoran lava dari bagian timur, selatan, tenggara, dan barat puncak.

Baca juga: Badan Geologi sebut letusan eksplosif Ile Lewotolok masih berlangsung

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2024