Nairobi (ANTARA) - Pakar-pakar Afrika di Nairobi pada Senin (27/5) mengatakan bahwa implementasi penuh dari Kawasan Perdagangan Bebas Benua Afrika (African Continental Free Trade Area/AfCFTA) akan mendorong pertumbuhan inklusif di seluruh benua itu.

Berbicara dalam Pertemuan Tahunan Dewan Gubernur Bank Pembangunan Afrika (African Development Bank/AfDB) ke-59 di Nairobi, Kenya, mereka mengatakan bahwa peningkatan perdagangan kontinental akan mengurangi ketergantungan Afrika kepada pasar-pasar tradisional Barat.

Sekretaris Jenderal AfDB Group Vincent Nmehielle mengatakan bahwa liberalisasi perdagangan di seluruh Afrika dengan menghapuskan bea masuk untuk barang-barang yang diproduksi di benua itu akan meningkatkan perdagangan intra-Afrika, yang akan menguntungkan usaha-usaha kecil.

"Lebih banyak perdagangan di antara negara-negara Afrika juga akan membantu benua ini mendiversifikasi keranjang ekspornya, sehingga menciptakan lebih banyak lapangan kerja dan kesempatan kerja," ujar Nmehielle.
 
Foto yang diambil pada 12 Agustus 2023 ini menampilkan pemandangan kota Cape Town di Afrika Selatan. (Xinhua/Dong Jianghui)   

John Bosco Kalisa, yang menjabat sebagai CEO Dewan Bisnis Afrika Timur, badan payung sektor swasta di Afrika Timur, mengatakan bahwa dewan tersebut saat ini sedang mengedukasi perusahaan-perusahaan kecil dan perusahaan-perusahaan milik perempuan mengenai prosedur-prosedur untuk berdagang di bawah rezim AfCFTA.

Dia menegaskan bahwa ekspor Afrika sebagian besar adalah mineral dan komoditas pertanian yang belum diolah. Oleh karena itu, AfCFTA menjanjikan nilai tambah bagi produk-produk tersebut di Afrika, yang mengarah pada pertumbuhan inklusif.

Kalisa mengatakan bahwa perdagangan intra-Afrika saat ini tercatat sebesar 18 persen, masih jauh dari angka 50 persen di Asia dan 70 persen di Eropa.

Direktur Jenderal Pusat Regional Afrika New Development Bank (NDB) BRICS Monale Ratsoma mengatakan bahwa organisasinya memprioritaskan pengembangan proyek-proyek infrastruktur di Afrika untuk memfasilitasi perdagangan intra-benua yang lebih mudah.

Dengan perkiraan populasi 1,2 miliar orang, AfCFTA diharapkan dapat memberikan banyak manfaat sosial, mengatasi kesenjangan di Afrika dengan memberdayakan komunitas-komunitas yang terpinggirkan, imbuhnya.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024