Pariaman (ANTARA) - Kota Pariaman, Sumatera Barat bakal mendapatkan bantuan sarana yang diperlukan dan promosi pelaksanaan kegiatan budaya dan wisata Pesona Hoyak Tabuik Budaya Pariaman dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

"Selain memandu agar pelaksanaan Tabuik lebih baik, Kemenparekraf juga bakal membantu di bidang sarana dan promosi," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman Ferialdi di Pariaman, Kamis.

Ia menyebutkan bantuan yang bakal diberikan oleh Kemenparekraf tersebut yaitu diantaranya penyediaan tenda yang dananya tidak terakomodir oleh pemerintah setempat.

Oleh karena itu, lanjutnya untuk meminta bantuan tersebut pihaknya membuatkan proposal agar pemerintah pusat membantu pengadaan sarana itu.

Sedangkan promosi, lanjutnya karena Tabuik masuk ke dalam salah satu Kharisma Event Nasional 2024 maka kegiatan wisata tersebut akan dipromosikan oleh Kemenparekraf. Adapun kegiatan akan berlangsung dari 7 - 21 Juli 2024.

"Tabuik  akan ditayangkan di videotron dan media sosial milik Kemenparekraf," ujarnya.

Ia berharap dengan adanya bantuan dari Kemenparekraf tersebut maka kegiatan budaya dan wisata tahunan yang mampu mendatangkan ratusan ribu wisatawan itu semakin meriah dan berdampak besar pada promosi daerah.

Sebelumnya, Kegiatan budaya dan wisata tahunan di Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) yaitu Pesona Hoyak Tabuik Budaya Piaman masuk ke dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024.

"Alhamdulillah, Kota Pariaman masuk dalam enam kabupaten dan kota di Sumbar yang lolos seleksi dan masuk dalam 110 event KEN," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman Ferialdi di Pariaman.

Ia mengatakan bagi daerah yang kegiatan wisatanya masuk ke dalam KEN maka akan mendapatkan dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI khususnya di bidang anggaran.

Selain itu, lanjutnya kegiatan yang dilaksanakan kemungkinan besar akan dihadiri oleh Presiden RI dan Menteri Parekraf RI.

Baca juga: Kemenparekraf RI pandu Pariaman sukseskan Pesona Hoyak Tabuik 2024

Baca juga: Pemkot Pariaman alokasikan anggaran Rp400 juta untuk pembuatan Tabuik

Pewarta: Rahmatul Laila
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2024