Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina Gas (Pertagas) yang merupakan afiliasi Subholding Gas Pertamina mendapatkan 6 penghargaan di ajang TOP CSR Award 2024 atas komitmen dan inovasi dalam menjalankan program CSR atau tanggung jawab sosial perusahaan yang berkelanjutan bagi masyarakat dan lingkungan.

“Pencapaian Pertagas di TOP CSR Award 2024 merupakan bukti nyata komitmen dan inovasi perusahaan dalam menjalankan program CSR yang memberikan manfaat nyata bagi masyarakat dan lingkungan," kata Direktur Utama Pertagas, Gamal Imam Santoso dalam keterangan di Jakarta, Kamis.

Tiga penghargaan TOP Leadership on CSR Commitment diraih Dirut Pertagas Gamal Imam Santoso atas komitmen perusahaan dalam membina masyarakat bufferzone di seluruh wilayah operasinya.

Penghargaan Bintang 5 diperoleh unit usaha Pertagas yaitu Operation West Java Area (OWJA) dengan program Perisai Jaga Bumi yang berhasil memobilisasi seluruh elemen masyarakat Desa Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat untuk mengatasi abrasi dan beradaptasi terhadap perubahan iklim.

Dewan Juri TOP CSR Awards 2024 memberikan apresiasi positif terhadap Program Perisai Jaga Bumi OWJA karena dinilai memiliki dampak positif yang signifikan bagi pemangku kepentingan, terutama masyarakat di ring 1 perusahaan.

Selain itu, Pertagas juga memperoleh dua penghargaan Bintang 4 TOP CSR Award 2024 melalui unit usahanya yaitu Operation North Sumatera Area (ONSA) dengan program Kampung Mandiri Stabat dan Operation Rokan Area (ORA) dengan program Budidaya Lebah Madu Trigona.

Program Budidaya Lebah Madu Trigona Operation Rokan Area (ORA) berada di sekitar wilayah yang dihuni oleh suku asli dari Provinsi Riau yang didominasi oleh hutan adat dan perkebunan sehingga memiliki potensi untuk produksi madu trigona yang dikelola Kelompok Petani Lestari.

Pertamina Gas ORA juga mengembangkan kerangkeng Besi untuk melindungi kotak lebah madu trigona. Kerangkeng tersebut dibuat oleh kelompok welder yang juga merupakan binaan CSR PT Pertamina Gas.

Sementara, Kampung Stabat Mandiri Operation North Sumatera Area (ONSA) melaksanakan pemberdayaan masyarakat bufferzone perusahaan melalui budi daya lele untuk peningkatan kondisi sosial dan ekonomi masyarakat Desa Stabat Lama.

Corporate Secretary Pertagas, Muhammad Baron menyampaikan bahwa ajang TOP CSR ini menjadi salah satu evaluasi dan tolak ukur pencapaian program CSR perusahaan.

"Keberhasilan atas penghargaan yang diraih tidak terlepas dari komitmen perusahaan yang senantiasa bersungguh-sungguh dalam menjalankan tanggung jawab sosialnya membina masyarakat menjadi mandiri," imbuh Baron.

Pertagas terus mengintegrasikan dan mengimplementasikan kebijakan perusahaan untuk mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan sejalan dengan Enviromental, Social, Governance (ESG) yang menciptakan manfaat bersama bagi masyarakat dan lingkungan, kata Baron..

Baca juga: Pertagas dukung peningkatan ekonomi masyarakat penyangga IKN
Baca juga: Pertagas meraih 5 penghargaan CSR dan Pengembangan Desa Berkelanjutan
Baca juga: Pertagas raih penghargaan keselamatan kerja WISCA-WPSCA

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2024