Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo mengaku optimistis dua atlet panjat tebing andalan Indonesia Veddriq Leonardo dan Rajiah Sallsabillah mampu meraih hasil terbaik dalam turnamen di Budapest, Hungaria.

"Turnamen di Budapest ini sangat penting bagi kedua atlet untuk mengunci tiket ke Olimpiade Paris 2024," ujar Dito sebagaimana dikutip dari akun instagram pribadi: #ditoariotedjo di Jakarta, Kamis.

Ia menjelaskan, atlet panjat tebing putra Veddriq Leondaro dan Rajiah Sallsabillah belum lama ini menorehkan prestasi gemilang pada ajang IFSC Climbing Qualifer di Shanghai, China.

Dalam kejuaraan di China, Veddriq berhasil menyabet medali emas, sementara Rajiah berhasil menyumbangkan medali perak.

Baca juga: Setelah juara di China, Veddriq Leonardo bidik tiket Olimpiade Paris


Dito meyakini berbekal performa yang dan prestasi gemilang tersebut serta persiapan yang matang, kedua atlet mampu kembali menorehkan prestasi menuju Olimpiade Paris.

Selanjutnya, kedua atlet tersebut akan mengikuti turnamen di Budapest pada 20-24 Juni 2024 untuk mengamankan tiket berkompetisi pada ajang olahraga tertinggi dunia di Paris.

Menpora meminta dukungan doa dari semua elemen masyarakat agar kedua atlet panjat tebing terbaik Indonesia bahkan dunia saat ini, mampu memberikan hasil terbaik untuk membawa nama Indonesia di Olimpiade.

"Pastinya pemerintah juga akan support penuh demi mengharumkan nama Indonesia di mata dunia," pungkasnya.

Komite Olimpiade Indonesia (KOI) mencatat, hingga saat ini, beberapa atlet yang memastikan diri ke Paris yaitu Diananda Choirunisa dan Arif Dwi Pangestu dari panahan, Fathur Gustafian dari menembak, Rifda Irfanaluthfi dari senam, Rio Waida dari selancar, Rahmad Adi Mulyono dan Desak Made Rita Kusuma Dewi dari panjat tebing, dua atlet angkat besi Eko Yuli Irawan (61kg) dan Rizky Juniansyah (73kg), serta Memo dari dayung/rowing.


Baca juga: Veddriq Leonardo sabet emas dalam kualifikasi Olimpiade di China

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Hernawan Wahyudono
COPYRIGHT © ANTARA 2024