Jakarta (ANTARA) - Upaya PT PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) untuk memperkuat inovasi dalam program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dan bisnis berkelanjutan mendapatkan dua penghargaan di ajang TOP CSR Awards 2024.

Sekretaris Perusahaan PLN EPI Mamit Setiawan mengungkapkan pada ajang tersebut PLN EPI meraih predikat #Star 5 dan TOP Leader on CSR Commitment 2024 untuk Direktur Utama PLN EPI Iwan Agung Firstantara.

Menurut Mamit Setiawan, keberhasilan ini terasa istimewa karena pada 2023 PLN EPI meraih predikat #Star 4 dan tahun ini naik ke #Star 5. Pencapaian naik ke predikat #Star 5 tentu tidak mudah mengingat PLN EPI merupakan subholding PLN yang baru berusia 1 tahun.

Penghargaan ini akan semakin mendorong PLN EPI untuk menjadi perusahaan terbaik dalam penyediaan energi primer untuk pembangkit listrik Indonesia sekaligus berkomitmen untuk terus memperkuat inovasi CSR dan ESG (Environment, Social, and Governance) demi bisnis keberlanjutan.

Mamit menyampaikan bahwa Desa Berdaya Energi di Gunung Kidul menjadi program unggulan CSR CSV (Creating Share Value) PLN EPI. Program ini dibangun dengan konsep pemberdayaan dengan mengintegrasikan pilar lingkungan, pengembangan UMK, sosial budaya dan kesehatan masyarakat.

PLN EPI bekerja sama dengan Pemda DIY, Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat melaksanakan penanaman tanaman multifungsi di Sultan Ground dan Tanah Kas Desa di Kalurahan Gombang dan Karang Asem, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Hasilnya daun tanaman tersebut bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak, sementara rantingnya bisa untuk cofiring biomassa PLN dan warga juga bisa mendapatkan tambahkan penghasilan.

Selain itu, PLN EPI juga mengintegrasikan dengan kegiatan pemberdayaan masyarakat berupa pelatihan pakan ternak fermentasi, pelatihan pembuatan pupuk organik, pembuatan rumah bibit tanaman multifungsi, budi daya kambing perah dan bantuan kesehatan untuk pencegahan stunting.

“PLN EPI terus bergerak maju dan berkembang tidak hanya memberikan manfaat sosial untuk masyarakat serta lingkungan melainkan tetap harus selaras dengan SDGs dan strategi bisnis PLN EPI demi tercapainya target-target bisnis perusahaan untuk terus tumbuh secara berkelanjutan,” kata Mamit.

Pada acara penyerahan penghargaan tersebut di Jakarta, Rabu (29/5/2024), Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup yang diwakili oleh Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL), Sigit Reliantoro menjelaskan ada beberapa hal yang harus diterapkan oleh semua perusahaan di Indonesia, diantaranya yaitu turut serta dalam menjaga lingkungan dan tidak merusak lingkungan melalui operasi bisnis perusahaan.

Selain itu, perusahaan harus tetap menggunakan sumber daya energi yang ramah lingkungan dan berkomitmen menerapkan aspek ESG dalam mendukung pertumbuhan bisnis perusahaan yang berkelanjutan, kata Dirjen Sigit Reliantoro.

Baca juga: PLN EPI dukung pemerintah dan KKKS dalam pemanfaatan gas bumi RI
Baca juga: PLN EPI jalankan sistem manajemen kepatuhan dan anti penyuapan
Baca juga: Inovasi penyediaan energi, PLN EPI raih penghargaan Listrik Indonesia

 

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2024