Jakarta (ANTARA) — Dalam rangka mengantisipasi terjadinya kebakaran di pelabuhan, Badan Usaha Pelabuhan (BUP) PT. Karya Citra Nusantara (KCN) selaku operator salah satu terminal di pelabuhan Marunda, Jakarta Utara, melaksanakan kegiatan simulasi kebakaran Dermaga Kade 20 milik KCN, di Marunda, Jakarta Utara, Kamis (30/05).

Dalam kegiatan ini, KCN menggandeng sejumlah pemangku kepentingan terkait yakni Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Marunda, Jakarta Utara, dan Tim Pemadam Kebakaran, serta Balai Besar Kekarantinaan Kesehatan (BBKK), dan Polsek Kalibaru.

“Ini merupakan bentuk kesiapan dan kesigapan kami apabila terjadi kebakaran. Kita berharap yang terbaik tapi bersiap menghadapi yang terburuk,” ujar Direktur Operasi KCN Rinang P. Brata.

Dalam simulasi digambarkan, sejumlah personil pemadam kebakaran yang dikerahkan tampak bergegas berangkat menggunakan armada pemadam kebakaran ke lokasi kebakaran, tepatnya di Dermaga Kade 20, KCN. 

Tim mitigasi dan Penanggulangan Kebakaran ini bekerja sama dengan tim ambulans, serta dibantu personil gabungan dari TNI dan Polri, dan keamanan pelabuhan telah siaga terlebih dahulu melakukan penanganan pertama yakni mengamankan lokasi titik api dan melakukan penyemprotan fire extinguisher. Kemudian, api buatan pun akhirnya dapat dipadamkan, serta simulasi penyelamatan korban berjalan dengan baik. 

Dengan respon time yang cepat, Tim Pemadam Kebakaran dalam waktu beberapa menit sudah tiba di lokasi, langsung melakukan penyemprotan air melalui ladder truck. Tak lama, api buatan pun berhasil dipadamkan.

Rinang melanjutkan, simulasi penanggulangan kebakaran sangat penting sebagai upaya mitigasi penanggulangan bencana. 

“Tujuannya adalah memberikan kenyamanan bagi pengguna pelabuhan, dunia industri, dan pengamanan aset-aset yang ada,” tambahnya.

Simulasi juga merupakan bagian penting untuk mengedukasi seluruh komponen masyarakat untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan bersama.

Sementara itu, Kepala KSOP Marunda Sri Utomo menyampaikan, pihaknya memberikan apresiasi inisiaitif KCN dalam melaksanakan kegiatan simulasi kebakaran ini.

“Mengingat KCN merupakan salah terminal dengan stockpile batubara terbesar di kawasan Marunda, hal ini (simulasi kebakaran) wajib dilakukan. Dan harapan saya, hal ini bisa dicontoh oleh terminal-terminal lain disini,” ujarnya.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2024