Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa politik kemarin, Kamis (30/5), telah kami rangkum agar dapat dibaca kembali oleh Anda, mulai dari pengumuman sembilan nama anggota Panitia Seleksi Calon Pimpinan dan Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel KPK) hingga kabar terkini mengenai upaya pembebasan sandera berkebangsaan Selandia Baru dari tangan OPM.

1. Istana umumkan 9 nama Pansel KPK yang dipimpin Kepala BPKP Yusuf Ateh

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengumumkan sembilan nama anggota panitia seleksi calon pimpinan dan dewan pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel KPK), yang akan dipimpin oleh Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Yusuf Ateh.

Mensesneg Pratikno menyampaikan pernyataan tersebut dalam konferensi pers di Gedung Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis (30/5).

Selengkapnya baca di sini.

2. Menko Polhukam: Pembebasan sandera dari OPM terus dilakukan

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Hadi Tjahjanto mengatakan upaya pembebasan sandera berkebangsaan Selandia Baru dari tangan OPM masih terus dilakukan.

Hadi mengatakan upaya pembebasan Philip Mark Merthens dilakukan melalui soft approach dengan terus melakukan koordinasi dengan tokoh-tokoh yang ada di Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Selengkapnya baca di sini.

3. Perludem nilai KPU tidak dapat tindak lanjuti putusan MA

Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) menilai Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak dapat menindaklanjuti putusan Mahkamah Agung yang mengabulkan permohonan hak uji materi Partai Garuda terkait persyaratan usia calon kepala daerah.

"Perludem menilai KPU tidak dapat menindaklanjuti putusan ini karena sifatnya yang menyebabkan perubahan frasa pasal a quo menjadi bertentangan dengan ketentuan Undang-Undang Pilkada," kata Direktur Eksekutif Perludem Khoirunnisa Nur Agustyati sebagaimana siaran pers diterima di Jakarta, Kamis (30/5).

Selengkapnya baca di sini.

4. BPSDM: Pencegahan dini penting untuk jaga ketertiban Pilkada 2024

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Sugeng Hariyono mengatakan, pentingnya deteksi dan pencegahan dini dalam menjaga ketertiban umum menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

Sugeng menyampaikan pernyataan itu dalam acara Deteksi dan Cegah Dini bagi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di lingkungan Provinsi Kalimantan Timur, Kamis (30/5).

Selengkapnya baca di sini.

5. Ketua DPP sebut Kapolda Jateng berminat maju di Pilkada lewat NasDem

Ketua DPP Partai NasDem Sugeng Suparwoto mengatakan bahwa Kapolda Jateng Irjen Pol. Ahmad Luthfi berminat maju di Pilkada melalui partainya.

"Kapolda Jateng juga punya minat untuk mencalonkan gubernur. Ini akan komunikasi dengan kami, bahkan sudah diagendakan kalau tidak salah Sabtu," kata Sugeng saat memberikan keterangan pers di NasDem Tower, Jakarta, Kamis (30/5).

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Didik Kusbiantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2024