Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) RI memprakirakan mayoritas kota besar di Indonesia diselimuti awan pada Jumat.

Berdasarkan keterangan BMKG di laman web resmi di Jakarta, Jumat, BMKG memprakirakan sejumlah wilayah seperti Bengkulu, Palembang, Semarang, Yogyakarta, Denpasar, Palangkaraya, Kupang, Kendari, dan Manado berawan, serta Samarinda dengan proyeksi awan yang lebih tebal.

BMKG juga memprakirakan cuaca di sejumlah daerah cerah berawan, di antaranya seperti Jambi, Bandar Lampung, Serang, Jakarta, dan Surabaya.
Adapun hujan diprakirakan turun di Banda Aceh, Tanjung Pinang, Pangkal Pinang, Bandung, Mataram, Makassar, Gorontalo, Ambon, Manokwari, dan Jayapura diguyur hujan dengan intensitas ringan.

Sedangkan hujan dengan intensitas sedang diprakirakan turun di Medan, serta hujan dengan disertai petir diprakirakan terjadi di Padang, Pekanbaru, Pontianak, Banjarmasin, Mamuju, dan Ternate.

Baca juga: Climate Central laporkan potensi kejadian gelombang panas di Indonesia

Baca juga: BMKG: Potensi hujan dengan petir terjang mayoritas wilayah RI


Sebelumnya, BMKG menyebut cuaca yang terjadi saat ini merupakan transisi dari musim hujan ke musim kemarau.

Deputi Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan waktu transisi musim hujan ke kemarau tersebut diprakirakan berlangsung mulai tanggal 29 Mei hingga 3 Juni 2024.

"Analisa tim meteorologi BMKG mendapati pada medio tersebut masih ada aktivitas gelombang ekuatorial rossby yang memicu curah hujan intensitas rendah hingga sedang," ucapnya.*

Baca juga: BMKG sebut wilayah Jabar sudah peralihan ke musim kemarau

Baca juga: BMKG: Ada dua potensi gempa yang harus diwaspadai di Garut

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2024