Shanghai (ANTARA) - Sejumlah produk makanan dan minuman Indonesia, mulai dari tempe hingga sarang burung walet, hadir dalam pameran Salon International de l'Alimentation (SIAL) Shanghai 2024 di Shanghai, China, yang dibuka pada Selasa (28/5) dan berlangsung selama tiga hari.

"Partisipasi Indonesia dalam pameran SIAL Shanghai 2024 merupakan komitmen kami untuk terus memperluas pasar internasional dan memperkenalkan keunggulan produk makanan dan minuman Indonesia kepada dunia. Kami berharap keikutsertaan Indonesia dalam pameran ini mampu meningkatkan ekspor produk makanan dan minuman Indonesia di pasar global, khususnya Asia," ujar Wakil Menteri Perdagangan Republik Indonesia Jerry Sambuaga saat meresmikan Paviliun Indonesia beberapa hari lalu.

Paviliun Indonesia dalam pameran tersebut diisi oleh delapan stan ekshibitor yang memamerkan berbagai produk makanan dan minuman unggulan, antara lain mi instan, kopi, sarang burung walet, minyak goreng, tempe azaki, dan aneka makanan ringan.

Paviliun tersebut juga menyuguhkan berbagai pertunjukan tarian daerah sebagai bentuk promosi kebudayaan, serta kegiatan coffee cupping yang memungkinkan pengunjung untuk mencicipi berbagai rasa dan aroma kopi asli Indonesia.

SIAL Shanghai 2024 merupakan salah satu pameran produk makanan terbesar di China yang diperkirakan diikuti sekitar 5.000 ekshibitor dari 70 negara, salah satunya Indonesia.

Selain SIAL Shanghai 2024, tahun ini pemerintah Indonesia juga akan membawa produk makanan dan pertanian Indonesia ke salah satu pameran terbesar di China, yakni Pameran Impor Internasional China (China International Import Expo/CIIE) yang dijadwalkan berlangsung pada awal November mendatang.

Pewarta: Xinhua
Editor: Natisha Andarningtyas
COPYRIGHT © ANTARA 2024