Palembang (ANTARA) -
Kejaksaan Negeri (Kejari) Palembang, Sumatera Selatan(Sumsel) menerima penyerahan tersangka dan barang bukti tahap II kasus pembobolan ATM oleh warga negara asing (WNA) asal Rusia.
 
"Kejari Palembang telah melakukan tahap II penyerahan tersangka dan barang bukti  kasus pembobolan ATM oleh warga negara asing (WNA)  Rusia  Vladimir dari Polrestabes Palembang pada Kamis 30 Mei 2023 kemarin," kata Kasi Penkum Kejati Sumsel Vanni Yulia Eka di Palembang, Jumat.
 
Ia menambahkan hal tersebut atas perkara dugaan tindak pidana pencurian/pembobolan ATM Bank Sumsel Babel dimana perbuatan tersangka diatur dan diancam pidana berdasarkan ketentuan Pasal 363 ayat (1) ke-5 jo 53 ayat 1 Kitab Undang-undang Hukum Pidana.
 
Setelah dilaksanakannya tahap II dari Polrestabes Palembang, Jaksa Penuntut Umum (JPU) akan mempersiapkan surat dakwaan dan kelengkapan berkas untuk pelimpahan perkara tersebut ke Pengadilan Negeri Palembang dan diperkirakan satu sampai dua minggu setelah pelimpahan ke Pengadilan, penetapan sidang oleh hakim akan keluar dan perkara tersebut siap untuk disidangkan.
 
Sebelumnya, aparat Polrestabes Palembang, Sumsel menangani kasus seorang warga negara asing (WNA) yang membobol anjungan tunai mandiri (ATM) pada tanggal 8 April 2024.
 
“Setelah menerima laporan dari pihak bank, anggota kita bersama anggota Ditreskrimum Polda Sumsel melakukan penyelidikan dan berhasil meringkus tersangka di salah satu apartemen di Jakarta,” kata Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Harryo Sugihhartono.
 
Selain mengamankan tersangka Vladimir Kasarski, petugas juga mengamankan barang bukti berupa satu unit laptop, handphone, uang tunai Rp 30 juta dan pakaian yang digunakan pelaku saat beraksi.
Baca juga: Kejari Palembang target tangkap empat DPO awal 2024
Baca juga: Kejari Palembang musnahkan 17 pucuk senjata api rakitan dan 13 amunisi

Pewarta: M. Imam Pramana
Editor: Guido Merung
COPYRIGHT © ANTARA 2024