Banda Aceh (ANTARA) - Komisi III DPR RI bersama Polda Aceh membahas pengamanan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang dilaksanakan di sejumlah daerah di Provinsi Aceh pada September 2024.

Pembahasan pengamanan PON XXI berlangsung di Aula Presisi Mapolda Aceh di Banda Aceh, Jumat, dipimpin Kapolda Aceh Irjen Pol Achmad Kartiko serta dihadiri Penjabat Gubernur Aceh Bustami Hamzah.

Anggota Komisi III DPR RI M Nasir Djamil mengatakan dalam pembahasan tersebut pihaknya menerima berbagai penjelasan bagaimana kesiapan Polda Aceh dalam mengamankan agenda besar nasional tersebut.

"Dari penjelasan yang kami terima, Polda Aceh sudah siap mengamankan PON XXI, baik menjelang pelaksanaan, pada saat pelaksanaan, maupun sesudah pelaksanaan pesta olahraga tersebut," kata M Nasir Djamil.

Selain pengamanan, kata dia, pihaknya juga menerima informasi menyangkut program pembangunan beberapa venue atau arena cabang olahraga PON XXI. Progres pembangunan menunjukkan angka positif dan diharapkan selesai tepat waktu.

Anggota DPR RI asal daerah pemilihan Aceh tersebut mengatakan dalam pertemuan itu juga disampaikan soal kekurangan anggaran untuk PON. Komisi III DPR RI akan menyampaikan kekurangan anggaran tersebut kepada Menteri Keuangan serta kendala lainnya kepada pihak terkait.

"Kami berharap kehadiran Komisi III DPR ke Aceh ini memberi nilai tambah kepada Pemerintah Aceh maupun kepolisian daerah dalam menghadapi pelaksanaan PON nanti," kata M Nasir Djamil.

Selain PON, Komisi III DPR RI juga mendengar pemaparan Polda Aceh terkait penanganan imigran etnis Rohingya yang kini ditampung di sejumlah tempat di Provinsi Aceh, termasuk upaya-upaya antisipasi masuknya imigran Rohingya

"Dalam pemaparan tersebut juga dijelaskan mengenai penegakan hukum yang dilakukan kepolisian terkait masuknya imigran etnis Rohingya ke Aceh. Termasuk pembentukan satuan tugas internal penanganan Rohingya," katanya.

M Nasir Djamil mengapresiasi upaya-upaya yang dilakukan kepolisian di Aceh mendalam mengantisipasi masuknya imigran etnis Rohingya. Termasuk pencegahan terhadap dampak negatif keberadaan pengungsi dari luar negeri.

"Dari pertemuan terakhir, kami menyimpulkan beberapa poin yang akan dijadikan rekomendasi, baik persoalan Rohingya maupun persiapan pelaksanaan PON. Rekomendasi ini nantinya kami sampai kepada pimpinan DPR RI untuk selanjutnya diteruskan kepada pemerintah," kata M Nasir Djamil.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2024