Makassar (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menunjuk Kota Makassar, Sulawesi Selatan sebagai tuan rumah penyelenggaraan Festival Komunitas Informasi Masyarakat (KIM Fest) 2024.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kemenkominfo Usman Kansong secara langsung menemui Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di Makassar, Jumat, untuk menyampaikan hal tersebut.

"Jadi kita punya event (kegiatan) tahunan KIM Fest, tahun lalu di Surabaya dan tahun ini kita ingin sekali di Kota Makassar tentunya dengan dukungan pak wali kota," kata Usman Kansong usai bertemu Wali Kota Ramadhan Pomanto.

Ia menyebutkan KIM Fest berupa pameran yang akan diikuti oleh KIM di seluruh provinsi di Indonesia.

Ajang tersebut juga salah satu bentuk apresiasi kepada KIM sebagai mitra strategis pemerintah dalam melakukan komunikasi publik.

"Kita ini punya sarana informasi masyarakat di semua provinsi. Biasanya itu mereka didorong oleh Kominfo di daerah menyampaikan seluruh informasi kepada masyarakat, baik itu tentang UMKM, pariwisata, perikanan, pertanian. Jadi segala hal," katanya.

Baca juga: Surabaya jadi tuan rumah Festival KIMFest 2023 

Ia mengatakan tentang kegiatan dalam KIM Fest,

"Jadi nanti mereka ini akan memamerkan itu, mendemonstrasikan dan kemudian kita nilai," kata Usman Kansong.

Menurut dia, kegiatan seperti ini penting untuk tetap menjaga silaturahim secara tatap muka pada era digital sekarang, sebab akan lebih akrab dan lebih dekat.

Apalagi, kata dia, tidak sedikit masyarakat yang masih kesulitan menggunakan teknologi, baik karena terkendala jaringan maupun sebab lainnya.

"Pemerintah merasa penting untuk membentuk KIM," ujarnya.

KIM Fest juga bertujuan menumbuhkan semangat berinovasi, kompetisi, kolaborasi, dan berjejaring antar KIM se-Indonesia.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto yang didampingi Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kominfo Kota Makassar Ismawaty Nur dan Kepala Dinas Koperasi dan UKM Makassar Muhammad Rheza menyambut baik kegiatan ini.

Ia menyatakan bersyukur Kota Makassar menjadi tuan rumah kegiatan yang digelar Kementerian Kominfo karena menjadi peluang daerah setempat untuk dikenal lebih luas.

"Kami siap Pak, senang sekali Makassar bisa menjadi tuan rumah," ucapnya.

Di hadapan Dirjen IKP Usman Kansong, ia juga memperkenalkan program Lorong Wisata yang diperkuat dengan Dewan Lorong (Delor). Delor terdiri atas tokoh masyarakat, perempuan, dan kalangan milenial.

"Nah Delor ini adalah kelompok-kelompok diskusi yang juga menjadi mitra Pemkot Makassar dalam melakukan komunikasi publik," ucapnya.

Baca juga: Melawan polusi budaya di ruang publik dengan KIM
Baca juga: Kemenkominfo perluas peran komunitas informasi masyarakat

 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2024