Surabaya (ANTARA) - DPC PERADI Surabaya bersama pemerintah kota (pemkot) setempat menginisiasi Program "Pos Bantuan Hukum di 1.368 Balai RW" dan tercatat sebagai rekor oleh Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Penyerahan piagam rekor MURI itu dilaksanakan di Balai Kota Surabaya seusai pelaksanaan Hari Jadi ke-731 tahun Ibu Kota Jawa Timur ini (HJKS), Jumat.

"Hari ini diluncurkan dan ada penandatanganan MoU pembentukan pos bantuan hukum di tingkat RW, kami catat ini sebagai rekor terbanyak," kata Direktur Operasional MURI Jusuf Ngadri di Balai Kota Surabaya.

Baca juga: Dinas pendidikan pecahkan MURI saat HUT ke-78 Jatim

Dia menyebut upaya pendampingan hukum di 1.368 balai RW merupakan bentuk kepedulian yang ditunjukkan oleh organisasi advokat tersebut dan Pemkot Surabaya kepada masyarakat.

"Bukan sekadar rekor di Indonesia, tetapi dunia. Kenapa seperti itu? Karena tidak ada dimana pun pos bantuan hukum yang dibuka serentak di 1.368 balai RW dalam rangka Hari Jadi Kota Surabaya ke-371 tahun," ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPC PERADI Kota Surabaya Hariyanto menyatakan secara teknis pelaksanaan pelayanan di setiap balai RW melibatkan mahasiswa fakultas hukum dari beberapa universitas.

"Di antaranya itu 300 mahasiswa Unair, 130 mahasiswa Universitas Hang Tuah, 100 mahasiswa Uinsa, 150 mahasiswa Unesa, kemudian lainnya ada dari Ubhara, Ubaya dan Universitas Wijaya Kusuma," ucapnya.

Dia menyatakan bantuan hukum yang dibuka difokuskan bagi masyarakat tidak mampu, sehingga pihaknya tak memungut biaya sepeser pun.

"Konsultasi juga sama tidak dibedakan dia siapa, semuanya gratis di balai RW. Ini bentuk tanggung jawab kepada masyarakat Surabaya, kami juga bagian dari masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Ketua DPRD: HJKS ke-730 jadi spirit benah kampung di Surabaya

Baca juga: Wali Kota Surabaya perankan sosok Raja Surya di Hari jJadi ke-730


Sementara itu, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan pos bantuan hukum ini menjadi cermin kegotongroyongan seluruh warga dalam menjamin kesetaraan hak.

"Hari ini PERADI menunjukkan itu, dengan hadir memberikan bantuan kepada masyarakat," kata Wali Kota Eri.

Eri optimistis langkah yang dilakukan PERADI ini membuka jalan bagi organisasi profesi lainnya semakin berkontribusi untuk kesejahteraan di Kota Surabaya.

"Saya tidak bisa berkata apa-apa selain terima kasih dan syukur kepada Allah, karena masih banyak orang yang berbesar hati untuk Surabaya," tuturnya.

Pewarta: Willi Irawan/Ananto Pradana
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2024