Boyolali (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo menyebutkan jumlah anggota jamaah calon haji (JCH) berasal dari Jawa Tengah yang dilaporkan meninggal dunia di Tanah Suci bertambah tiga orang sehingga total menjadi enam orang.

Kepala Subbagian Humas PPIH Embarkasi Solo Gentur Rahma Indriadi di Asrama Haji Donohudan di Boyolali, Jumat, menyebut tiga calon haji yang meninggal itu,  Kasmui Takim Surijan (61), berasal dari Brebes tergabung kloter 26, Mutmainah Moh Ali (62), berasal dari Tegal tergabung kloter 27, dan Makhmud Mad Ichwan Kartawirya (76), berasal dari Banyumas kloter 20.

Kasmui Takim Surijan meninggal di RS King Faisal Makkah, Arab Saudi pada Selasa (28/5), sedangkan jenazahnya dimakamkan di Soraya Makkah, Mutmainah Moh Ali yang meninggal di RS King Faisal Makkah pada Rabu (29/5) dan Makhmud Mad Ichwan Kartawirya meninggal di RS An Nur Makkah karena sakit pada Kamis (30/5), jenazah dimakamkan Soraya.

"Tambahan tiga orang jamaah haji meninggal itu, wilayahnya di Makkah, Arab Saudi," katanya.

Baca juga: PPIH: Visa haji syarat jamaah bisa wukuf di Arafah

Anggota JCH Jateng meninggal dunia di Tanah Suci enam orang, sedangkan meninggal dunia di Embarkasi Solo dua orang, sehingga total delapan orang.

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Solo pada Jumat, akan memberangkatkan jamaah calon haji lima kloter ke Tanah Suci melalui Bandara Adi Soemarmo Boyolali, Jateng.

Jamaah calon haji kloter 69 berasal dari Kabupaten Kudus 360 orang diberangkatkan ke Tanah Suci pada pukul 00.40 WIB, kloter 70 berasal dari Kudus yang dilepas oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin di Bandara Adi Soemarmo Boyolali pada pukul 11.00 WIB, dan kloter 71 berasal dari Kudus pada pukul 12.30 WIB.

Jamaah calon haji dua kloter lainnya, yakni kloter 72 berasal dari Kudus dan Jepara dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci pada pukul 19.35 WIB, dilanjutkan kloter 73 berasal dari Jepara pada pukul 22.20 WIB.

Hingga saat ini, PPIH Embarkasi Solo memberangkatkan 71 kloter JCH dengan jumlah  25.553 orang. Dijadwalkan empat kloter JCH tiba di Asrama Haji Donohudan, yakni kloter 74 berasal dari Jepara, kloter 75 berasal dari Jepara, kloter 76 berasal dari Jepara dan Pati, serta kloter 77 berasal dari Pati.

Jumlah anggota JCH masuk Asrama Haji Donohudan hingga kloter 76 tercatat 27.376 orang, sedangkan rencana total tahun ini  36.002 orang berasal dari Jateng dan DIY.

Baca juga: Wapres tekankan travel haji tidak beri peluang keluarkan visa nonhaji
Baca juga: Kemenag Jambi imbau keluarga jamaah tidak perlu antar sampai asrama
Baca juga: Kemenag Bangka pastikan calon haji tidak gunakan visa palsu

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2024