Jakarta (ANTARA) - APP Group meraih penghargaan tertinggi pada TOP CSR Awards 2024, di mana 8 unit usaha berhasil meraih penghargaan sebagai pengakuan atas komitmen dan inovasi dalam program Corporate Social Responsibility (CSR).

Managing Director APP Group Suhendra Wiriadinata menyampaikan bahwa penghargaan ini menegaskan bahwa CSR APP Group tidak hanya memberikan manfaat sosial bagi masyarakat dan lingkungan, melainkan juga mendukung pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Program yang telah dijalankan sejalan dengan Sustainability Roadmap Vision (SRV) 2030 yang dicanangkan oleh Perusahaan.

“Kami tidak hanya memenuhi ketentuan ISO 26000 dan aspek lingkungan, tetapi juga memperhatikan aspek Creating Shared Value (CSV) dan keselarasan CSR untuk mendukung bisnis Perusahaan agar tumbuh berkelanjutan,” kata Suhendra dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat.

Baca juga: APP Group dorong penerapan ESG secara transparan

Adapun TOP CSR Awards 2024 on # Star 5 diberikan kepada PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk.

Sedangkan tujuh perusahaan seperti: PT Indah Kiat Pulp & Paper (Tangerang), PT Indah Kiat Pulp & Paper (Serang), PT Indah Kiat Pulp & Paper (Perawang), PT OKI Pulp & Paper, PT Lontar Papyrus, PT Arara Abadi, dan PT Sumalindo Hutani Jaya mendapatkan TOP CSR Awards 2024 on # Star 4.

Salah satu contoh nyata dari inisiatif CSR adalah melalui program pemberdayaan komunitas lokal yang dijalankan oleh PT Tjiwi Kimia. Melalui program tersebut, Perusahaan memberikan akses kerja sama di bidang konstruksi, pasokan material/barang serta jasa dengan 95 pemasok lokal yang melibatkan lebih dari 5.454 pekerja.

Selain itu, PT Tjiwi Kimia juga memiliki program pemanfaatan limbah abu sisa pembakaran batu bara (fly ash & bottom ash) sebagai bahan campuran batako dan paving block yang disalurkan ke sekolah, pembangunan sanitasi masyarakat, dan infrastruktur desa.

Baca juga: APP Group dukung penggunaan kemasan ramah lingkungan

PT Tjiwi Kimia juga telah melaksanakan Pengembangan Program Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) yang berhasil meningkatkan akses air bersih bagi warga dari 10 saluran rumah menjadi 305 saluran rumah, serta pembangunan 26 toilet mandiri dan 2 MCK & tempat wudhu di Masjid Desa Singkalan. Selain itu, terdapat program penghijauan dengan penanaman 15.000 pohon kaliandra dan 2.000 pohon bambu untuk mendukung pelestarian lingkungan.

“Komitmen kami adalah untuk memastikan bahwa setiap langkah yang kami ambil memberikan dampak positif dan berkelanjutan. Penghargaan ini memotivasi kami untuk terus berkontribusi lebih banyak lagi kepada masyarakat dan lingkungan,” tambah Suhendra.

Suhendra mengatakan, APP Group berkomitmen untuk terus memperluas dan meningkatkan program-program CSR dengan tujuan utama menciptakan dampak positif yang lebih besar bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2024