Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan pengelolaan kearsipan yang berkelanjutan agar arsip daerah dapat dilestarikan, diakses dan dimanfaatkan oleh publik atau masyarakat.
 
Hal ini dikatakan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik DKI Jakarta Sigit Wijatmoko atas capaian Jakarta meraih penghargaan Nilai Terbaik Hasil Pengawasan Kearsipan Tahun 2023 dari Arsip Nasional Republik Indonesia dengan kategori AA (Sangat Memuaskan).
 
"Terima kasih atas daya dukung pimpinan dan seluruh jajaran dalam pengelolaan arsip di Jakarta. Kami akan tingkatkan terus kinerja ini,” kata Sigit Wijatmoko dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.
 
Dia menyampaikan penghargaan Nilai Terbaik Hasil Pengawasan Kearsipan Tahun 2023 ini dapat menjadi pemantik semangat bagi jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk terus meningkatkan pengelolaan arsip daerah.
 
Adapun penghargaan tersebut diberikan pada acara puncak peringatan Hari Kearsipan ke-53 di Samarinda, Kalimantan Timur, pada Kamis (30/5), yang mengambil tema "Sustainable Archiving for the Best Future (Kearsipan Berkelanjutan untuk Masa Depan Terbaik)".

Sigit mengatakan Peringatan Hari Kearsipan ke-53 Tahun 2024 bukan hanya sekadar momentum apresiasi atas capaian kinerja dalam pengelolaan arsip, tetapi juga merupakan kesempatan untuk merefleksikan komitmen terhadap prinsip-prinsip keberlanjutan dalam pengelolaan arsip.
 
Kemudian integrasi konsep kearsipan berkelanjutan dalam praktik kearsipan, dapat menguatkan kembali kontribusi kearsipan dalam membantu digitalisasi pemerintahan dan menjaga warisan budaya serta memori kolektif yang akan memberikan dampak bagi masa depan yang terbaik.
Baca juga: Dispusip DKI siap bantu tingkatkan tata kelola kearsipan PMI DKI
Baca juga: Dinas Kearsipan DKI buka layanan restorasi arsip rusak di Jaktim

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2024