Surabaya (ANTARA) - PT PAL Indonesia berkomitmen terus menggerakkan rantai pasokan industri maritim di Surabaya dengan melibatkan banyak pemasok lokal untuk pengadaan bahan baku dan komponen.

CEO PT PAL Indonesia Kaharuddin Djenod dalam keterangannya di Surabaya, Jumat, juga memberikan peluang kerja bagi ribuan tenaga kerja lokal, mulai dari tenaga kerja terampil hingga tenaga kerja di bidang teknologi dan manajerial.

"Penyerapan tenaga kerja ini tidak hanya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, tetapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan daya beli dan pengembangan keterampilan tenaga kerja," ucapnya.

Atas komitmen tersebut, perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut menerima penghargaan bertajuk "Capaian Realisasi Investasi Peringkat Pertama di Kota Surabaya pada tahun 2023" dari Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, saat Resepsi Hari Jadi Kota Surabaya ke-731.

"Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi dan dukungan Pemerintah Kota Surabaya atas upaya kami dalam meningkatkan investasi, serta juga sebagai bukti komitmen kami untuk terus berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Surabaya," katanya.

Investasi yang saat ini dilaksanakan, lanjut dia, dimanfaatkan secara optimal untuk pengembangan dan peningkatan performa perusahaan yakni dalam hal kapasitas produksi, SDM, supply chain, serta keuangan melalui transformasi Industry Maritime 4.0 (IM4) sebagai backbone yang mengintegrasikan.

"Kami akan terus bekerja keras untuk menciptakan nilai tambah dalam mendukung pembangunan berkelanjutan di Surabaya dan Indonesia pada umumnya," kata dia.

Ia berharap, dengan adanya penghargaan dari Pemkot Surabaya seluruh insan PT PAL terus meningkatkan kinerja dan kontribusi untuk mendukung perekonomian Indonesia, khususnya Surabaya.

"Penghargaan ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi PT PAL Indonesia untuk terus meningkatkan kinerja dan kontribusinya dalam mendukung pembangunan ekonomi di tingkat lokal maupun nasional," ujarnya.

Pada resepsi Hari Jadi Kota Surabaya, penghargaan untuk PT PAL Indonesia diberikan langsung oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, kepada perwakilan manajemen PT PAL Indonesia Ari Fendi selaku Manager ISO Standarisasi dan Kalibrasi Divisi Technology and Quality Assurance.

Selain PT PAL Indonesia, sejumlah perusahaan BUMN lainnya juga mendapat penghargaan yakni, PT PLN Nusantara Power dan PT PP Properti di peringkat berikutnya secara berurutan.

Baca juga: PT PAL catat capaian positif pembuatan kapal ekspor LD Philippines
Baca juga: Dua kapal produksi PT PAL unjuk kebolehan di Latma Carat 2024
Baca juga: PAL dan LUNAS Malaysia MoU bidang teknologi di DSA 2024

Pewarta: Indra Setiawan/Naufal
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2024