Ternate (ANTARA) - Seorang calon haji (Calhaj) asal Provinsi Maluku Utara (Malut) dipulangkan ke Kota Ternate, setelah dinyatakan sehat, karena yang bersangkutan sakit dan menjalani perawatan di Rumah Sakit Makassar, Sulawesi Selatan.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Malut Amar Manaf dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Ternate, Jumat, mengatakan jamaah calon haji (JCH) asal Kabupaten Halmahera Selatan atas bernama Nurhaya Binti Hasim dinyatakan sehat.

Baca juga: Calon haji asal Malut meninggal dunia di RSUD Ternate

"Yang bersangkutan dinyatakan sehat setelah menjalani perawatan selama 12 hari di Rumah Sakit di Makassar," kata Amar Manaf.

Dia menjelaskan JCH tersebut tiba di Kota Ternate pada Jumat siang dan langsung dijemput petugas PPIHD Malut dan mengantar ke rumah keluarga di Kota Ternate.

"Insya Allah yang bersangkutan akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada musim Haji 2025," ujarnya.

Sebelumnya, ada satu Calhaj asal provinsi Malut meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Chasan Boesoerie Ternate pada Minggu (26/5) malam.

"JCH asal Kabupaten Halmahera Selatan, atas nama Wa Hamida Ode Larijala, karena dilaporkan sakit, sehingga saat tiba di Kota Ternate pada 18 Mei lalu langsung dirawat di RSUD setempat," kata Amar Manaf.

Baca juga: Setiba di Makassar, jamaah haji Malut berlanjut ke Ternate

Baca juga: Memperjuangkan Ternate jadi embarkasi haji


Dia mengatakan almarhumah sesuai laporan menderita penyakit paru - paru, sehingga perjalanan dari Kabupaten Halmahera Selatan dan di Kota Ternate, langsung dilarikan ke RSUD Chasan Boesoerie Ternate.

"Jadi, saat tiba di Kota Ternate, almarhumah Wa Hamida Ode Larijala tidak sempat dibawa ke Asrama Haji Transit Ternate di Kelurahan Ngade, Kecamatan Ternate Selayan, tetapi langsung dibawa ke RSUD setempat untuk mendapatkan penanganan medis," ujarnya.

Amar mengungkapkan pihak keluarga langsung menjemput dan membawa jenazah almarhumah ke Kabupaten Halmahera Selatan, tepatnya di Desa Sambiki, Kecamatan Pulau Obi.

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2024