Gowa (ANTARA) - Menjelang HUT ke-67 Kodam XIV/Hasanuddin dan peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun melakukan ziarah ke makam pahlawan Sultan Hasanuddin di Taman Makam Pahlawan (TMP) Sultan Hasanuddin di Kabupaten Gowa.

"Ziarah ini salah satu rangkaian kegiatan menyambut HUT Ke-67 Kodam XIV/Hsn dan Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni 2024," kata Bobby disela kunjungannya di Kabupaten Gowa, Jumat.

Pangdam yang melakukan ziarah ke makam pahlawan itu turut bersama para Pejabat Utama (PJU) Kodam, Komandan dan Kepala (Dan/Ka) satuan jajaran Kodam XIV/Hasanuddin yang berada wilayah Kota Makassar.

Pada kesempatan ini, Pangdam bersama rombongan melakukan penghormatan umum kepada arwah Pahlawan kusuma bangsa, dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga di tugu makam, doa dan tabur bunga yang dilakukan secara simbolis oleh Pangdam XIV/Hasanuddin dan diikuti rombongan peziarah lainnya.

"Melalui ziarah ini diharapkan menjadi stimulan bagi warga Kodam XIV/Hasanuddin, untuk memaknai perjuangan Pahlawan kusuma bangsa dan menjadikan inspirasi dalam melanjutkan perjuangan menjaga NKRI serta menjaga nama baik Kodam XIV/Hasanuddin," katanya.

Selain ziarah ke TMP Sultan Hasanuddin, jajaran Kodam XIV/Hasanuddin yang meliputi provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat juga menggelar donor darah untuk kemanusiaan.

Termasuk melakukan anjangsana ke panti asuhan dan panti jompo yang tersebar di tiga wilayah kerja Kodam XIV/Hasanuddin.

Menanggapi anjangsana yang dilakukan Pangdam tersebut, salah seorang warga binaan panti jompo di Makassar, Nursia mengatakan, sangat terharu atas kepedulian Pangdam.

"Kami sangat terharu mendapat kunjungan dari Pangdam, karena jarang-jaran kami menerima tamu," katanya dengan suara lirih sambil mengusap air matanya.

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2024