Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan dengan intensitas ringan akan mengguyur sebagian besar wilayah ibu kota provinsi di Indonesia pada Sabtu.

Dikutip dari situs BMKG di Jakarta, ibu kota provinsi yang berpotensi hujan dengan intensitas ringan pada siang hari ini yakni Serang, Semarang, Banjarmasin, Tarakan, Pangkal Pinang, Bandar Lampung, Ambon, Ternate, Mataram, Mamuju, dan Makassar.

Sementara Kota Bandung dan Kendari diprediksi hujan dengan intensitas sedang.

Baca juga: Sulut berpotensi dilanda cuaca ekstrem hingga awal Juni

BMKG juga memperingatkan masyarakat agar waspada hujan disertai petir yang berpotensi terjadi di wilayah Gorontalo, Samarinda, Tarakan, Tanjung Pinang, dan Manado.

Beberapa wilayah diprediksi berawan pada siang hari ini, di antaranya Pontianak, Palangka Raya, Kota Jayapura, Manokwari, Pekanbaru, Padang, dan Palembang. Sedangkan Kota Jakarta Pusat diprediksi berawan tebal.

Wilayah Banda Aceh, Denpasar, Yogyakarta, Jambi, Surabaya, Kupang, dan Medan diprediksi cerah berawan.

Baca juga: Climate Central laporkan potensi kejadian gelombang panas di Indonesia

Sementara itu, Kota Bengkulu diprediksi cerah dengan suhu 24-33 derajat Celcius.

BMKG sebelumnya juga memprakirakan kekeringan mulai mendominasi wilayah Indonesia pada medio bulan Juni-September 2024.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di Jakarta, Selasa (28/5), mengatakan bahwa kondisi tersebut ditandai setelah 19 zona persen wilayah Indonesia sudah masuk musim kemarau; mulai dari sebagian Aceh, Sumatera Utara, Riau, Jawa Barat, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca juga: BMKG sebut wilayah Jabar sudah peralihan ke musim kemarau

Tim Meteorologi BMKG mengungkapkan sebagian wilayah lain di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara juga akan memasuki musim kemarau dalam tiga dasarian atau 30 hari ke depan.

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024