Jakarta (ANTARA) - Beragam berita politik telah diwartakan Kantor Berita Antara, berikut kami rangkum berita pilihan kemarin yang masih layak dibaca kembali sebagai sumber informasi serta referensi untuk mengisi akhir pekan Anda.

Prabowo kembali bicara di Shangri-La Dialogue Singapura

Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto dijadwalkan kembali berbicara dalam sesi khusus Shangri-La Dialogue di Singapura, Sabtu (1/6).

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan RI Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha saat dihubungi di Jakarta, Jumat, menjelaskan kehadiran Prabowo dalam forum internasional itu menunjukkan peran aktif Indonesia untuk turut serta menjaga perdamaian dunia dan memelihara stabilitas.

Selengkapnya klik di sini.

Ridwan Kamil: Koalisi Prabowo-Gibran sefrekuensi pada Pilkada 2024

Politisi Golkar Ridwan Kamil memastikan bahwa koalisi partai pendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sefrekuensi pada Pilkada Serentak 2024.

Adapun partai yang mendukung Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024, yakni Gerindra, Golkar, PAN, PSI, PBB, Partai Garuda, dan Gelora.

"Yang saya tahu, koalisi pilpres itu inginnya sebisa mungkin sefrekuensi pada pilkada," kata Ridwan Kamil saat ditemui awak media di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Bali, Jumat.

Selengkapnya klik di sini.

PSI: Putusan MA tidak ada hubungannya dengan Kaesang

Wakil Ketua Umum DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Andy Budiman memastikan keputusan Mahkamah Agung (MA) terkait batas umur pencalonan kepala daerah tidak ada kaitannya dengan sang ketua umum Kaesang Pangarep.

Hal tersebut dikatakan Andy lantaran kekinian banyak pihak yang menuduh putusan tersebut dikeluarkan untuk memuluskan langkah Kaesang mencalonkan diri jadi kepala daerah.

"Keputusan Mahkamah Agung tidak ada kaitannya dengan PSI maupun mas Kaesang. Yang mengajukan gugatan ke MA adalah partai Garuda dan tidak ada komunikasi sama sekali dengan PSI terkait dengan masalah ini," kata Andy dalam video yang diunggah di akun Instagramnya @andy_budiman, Jumat.

Selengkapnya klik di sini.

Dasco pimpin Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo-Gibran temui Menkeu

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menjadi Ketua Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, yang memimpin kunjungan ke Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI, Jakarta, Jumat, untuk menemui Menteri Keuangan RI Sri Mulyani.

Wakil Ketua Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Ahmad Muzani menjabarkan tim ini ditugaskan presiden terpilih Prabowo Subianto untuk melakukan koordinasi dan sinkronisasi dengan sejumlah institusi pemerintah terkait program-program yang akan dijalankan pemerintahan Prabowo-Gibran sebagaimana janji saat kampanye Pilpres 2024.

Selengkapnya klik di sini.

BPSDM: Pencegahan dini penting untuk jaga ketertiban Pilkada 2024

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Sugeng Hariyono mengatakan pentingnya deteksi dan pencegahan dini dalam menjaga ketertiban umum menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

Sugeng menyampaikan itu dalam acara Deteksi dan Cegah Dini bagi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di lingkungan Provinsi Kalimantan Timur, Kamis.

"Deteksi dini dan pencegahan dini sangat penting dalam menjaga ketertiban umum, terutama menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak," kata Sugeng dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya klik di sini.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2024