Teminabuan (ANTARA) - Universitas Werisar (Unsar), Sorong Selatan (Sorsel), Papua Barat Daya, melalui Program Studi Agribisnis mengikuti lomba Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) XVII tahun 2024 tingkat wilayah.

Sekretaris Program Studi Agribisnis Unsar Sri Anggasari Makatita, di Teminabuan, Sabtu,. mengatakan dalam kompetisi bergengsi ini, Unsar mengirimkan talenta terbaik untuk berpartisipasi dalam berbagai kategori seni.

Ia mengatakan, mahasiswa Program Studi Agribisnis dari Unsar, yakni Neviana Meiti La Nuhu dan Ketura Nipay akan tampil dalam lomba tari grup.

"Keduanya telah dikenal dengan kemampuan tari mereka yang memukau dan kini siap membuktikan keahlian mereka di panggung nasional. Dengan latihan intensif dan persiapan matang, mereka bertekad untuk menampilkan penampilan terbaik," katanya.

Baca juga: Unja fasilitasi pengembangan bakat seni mahasiswa

Selain itu, kata dia, mahasiswa Program Studi Agribisnis Unsar Mesak Kerukowe Imbiri akan tampil dalam lomba baca puisi perorangan. Mesak, yang memiliki keahlian khusus dalam interpretasi puisi, siap memberikan penampilan yang penuh penghayatan dan menyentuh hati.

"Para mahasiswa ini telah mempersiapkan diri sebaik mungkin, berlatih keras, dan mendapatkan bimbingan dari dosen serta dukungan penuh dari teman-teman seangkatan," ujar Anggasari.

Ia juga menyampaikan apresiasi terhadap partisipasi para mahasiswa ini. Hal ini merupakan langkah yang sangat baik untuk mahasiswa.

"Mereka tidak hanya fokus pada akademik, tetapi juga aktif mengembangkan bakat seni. Partisipasi mereka dalam Peksiminas akan membawa nama baik Program Studi Agribisnis dan Unsar," kata Anggasari.

Baca juga: Kemendikbudristek gelar Pemeran Seni Visual, dukung karya mahasiswa

Menurut dia, para mahasiswa juga mendapatkan bimbingan dari dosen PGSD Hermin, yang memiliki keahlian di bidang seni. Dukungan ini menjadi faktor penting dalam persiapan menghadapi kompetisi.

"Hal ini tidak lepas dari kerja sama yang solid antara berbagai program studi, yaitu Agribisnis, Perikanan Tangkap, Administrasi Publik, Ilmu Komputer, dan PGSD, dengan pihak universitas. Kolaborasi ini menunjukkan komitmen Unsar dalam mendukung pengembangan bakat dan prestasi mahasiswa di berbagai bidang," ujarnya.

Peksiminas XVII tahun 2024 bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam bidang seni, meningkatkan prestasi mahasiswa dalam berbagai mata tangkai lomba, serta meningkatkan pengalaman mahasiswa antarperguruan tinggi satu sama lain.

Baca juga: Kemendikbudristek dukung eksistensi karya seni dosen dan mahasiswa

Dengan tema "Merdeka Berprestasi Talenta Seni Menginspirasi", ajang ini diharapkan menjadi platform bagi mahasiswa untuk berkreasi dan berinovasi di bidang seni.

Pewarta: Paulus Pulo
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024