Jakarta (ANTARA) -
Direktorat Pembinaan Masyarakat (Ditbinmas) Polda Metro Jaya mengajak masyarakat untuk bersama-sama mencegah tawuran dan pembegalan yang akhir-akhir ini cukup meresahkan, termasuk di Jakarta Selatan.
 
Hal tersebut disampaikan oleh Dirbinmas Polda Metro Jaya Kombes Polisi Badya Wijaya saat melaksanakan kunjungan ke Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) di wilayah Mampang, Jakarta Selatan.
 
"Mari kita bersama-sama mengantisipasi tindak kejahatan seperti tawuran dan begal," katanya dalam keterangan tertulis yang disampaikan di Jakarta, Sabtu.

Dia mengungkapkan bahwa sebelumnya pernah terjadi begal kepada salah satu calon siswa (casis) yang ingin mendaftar menjadi bagian Kepolisian Republik Indonesia. "Terkena begal dan sudah ditangani, pelaku sudah dapat diamankan," katanya.
 
Dia berharap kejadian serupa tidak terjadi di wilayah Mampang. Dia juga berterima kasih kepada ormas-ormas yang turut membantu mengamankan wilayah tersebut.

Baca juga: Polisi sebut poskamling harus aktif demi ciptakan situasi kondusif
Baca juga: Polda Metro Jaya imbau orang tua awasi anak dari tawuran dan miras
 
Dirbinmas Polda Metro Jaya Kombes Pol Badya Wijaya saat melaksanakan kunjungan ke Satkamling di wilayah Mampang, Jakarta Selatan, Jumat (31/5/2024). ANTARA/HO-Humas Polda Metro Jaya
Badya menjelaskan untuk mencegah pembegalan salah satunya adalah masyarakat aktif untuk menjaga keamanan lingkungan dengan menjalankan Pos Satkamling.
 
"Untuk Pos Satkamling agar dijaga dan dipelihara karena bisa membantu sama-sama menjaga wilayah Mampang dan apabila ada orang asing yang masuk ke dalam wilayah RW 001 dapat ditanyakan untuk keperluannya," kata dia.
 
Kegiatan yang dilaksanakan pada Jumat (31/5) malam tersebut dihadiri juga oleh Kepala Satuan (Kasat) Binmas Polrestro Jakarta Selatan AKBP Doddy Ginanjar dan Kapolsek Mampang Kompol David Y Kanitero, Lurah Tegal Parang serta tokoh masyarakat setempat.
 
Badya juga menyerahkan bantuan alat  keamanan dari Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi Karyoto berupa tongkat, senter dan sembako kepada perwakilan warga.
Baca juga: Polda Metro sambangi warga Benhil cek sistem kamtibmas

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2024