Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyebut Indonesia memperkuat kerja sama di bidang pertahanan dengan Singapura.

“Indonesia berkomitmen untuk mempererat hubungan bilateral dengan Singapura. Kemhan RI siap meningkatkan kerja sama pertahanan terutama setelah berlakunya Defense Cooperation Agreement (DCA), meliputi latihan bersama, keamanan maritim, dan program pertukaran pendidikan,” kata Prabowo dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Sebelumnya, Prabowo menghadiri acara Opening Reception IISS Shangri-La Dialogue Edisi Ke–21 di Singapura. Prabowo kemudian melanjutkan kegiatan dengan mengadakan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Singapura Lawrence Wong di Istana Singapura, Sabtu.

Prabowo mengawali pertemuan tersebut dengan menyampaikan rasa terima kasih kepada Lawrence atas sambutan hangat dan keramahan yang diberikan selama acara Shangri-La Dialogue 2024. Adapun pertemuan bilateral itu bertujuan untuk memperkuat hubungan kerja sama pertahanan antara kedua negara.

“Terima kasih atas sambutan hangat dan keramahan kepada saya dan delegasi Indonesia,” ujarnya.

Ia juga menyebut merasa terhormat dapat berbicara dalam forum yang bertujuan untuk mempromosikan dialog regional guna menghadapi tantangan keamanan, dan meningkatkan kepercayaan antarnegara di kawasan Asia-Pasifik.

Terlebih, ia dijadwalkan menyampaikan special address dalam Shangri-La Dialogue terkait keterlibatan dan komitmen internasional pada stabilitas keamanan.

Selain itu, ia turut mengucapkan selamat kepada Lawrence atas pengangkatannya sebagai Perdana Menteri Singapura yang baru.

Ia juga menyampaikan apresiasi atas kepemimpinan dan komunikasi baik yang telah dibangun Lawrence dengan Pemerintah Indonesia.

Baca juga: Prabowo kembali bicara di Shangri-La Dialogue Singapura Sabtu

Baca juga: Menhan Prabowo anggap Inggris mitra pertahanan dekat RI

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024