Solo (ANTARA) - Para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Solo, Jawa Tengah, mengikuti pelatihan digital agar mampu naik kelas.

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Surakarta Ferry Septha Indrianto di sela pelatihan UMKM Go Digital di Solo, Jawa Tengah, Sabtu, mengatakan kegiatan tersebut bagian dari Program Ayo Berkadin.

"Ini upaya kami agar proses produksi di Solo bisa mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif. Yang seyogyanya ke depan tidak hanya berpatokan pada angka pertumbuhan ekonomi tetapi juga berjalan inklusif," katanya.

Dengan demikian, diharapkan masyarakat yang selama ini menjadi objek dari aktivitas ekonomi, ke depan bisa menjadi sumber daya nyata atau pelaku usaha riil.

Ia mengatakan salah satu hal yang harus disiapkan agar UMKM di Solo bisa naik kelas yakni dari sisi mental pengusaha.

Baca juga: Kota Solo kembangkan helitour untuk eksplorasi potensi wisata

Baca juga: Kementerian Investasi sebut program SGS sejalan dengan pemerintah 


"Sebagai pelaku usaha ini artinya sebagai pejuang bangsa, rela berkorban. Tujuannya untuk menciptakan nilai atau mempekerjakan orang, mengembangkan market kami. Itu rangkaian yang tidak mudah, perlu ketabahan, jujur dan setia," katanya.

Wakil Ketua Umum Bidang Komunikasi dan Informatika Kadin Indonesia Firlie H Ganinduto mengatakan digitalisasi berperan penting dalam pengembangan bisnis UMKM.

Mengacu data dari Kementerian Koperasi dan UKM, dikatakannya, digitalisasi dapat menghemat waktu dan biaya operasional UMKM hingga 50 persen.

Selain itu, menurut dia, UMKM yang sudah terkoneksi dengan ekosistem go digital memiliki peluang 2,5 kali lebih besar untuk bertahan di pasar.

"Digitalisasi memainkan peran kunci dalam meningkatkan daya saing UMKM di era modern ini. Dengan semangat meningkatkan jumlah UMKM untuk go digital, kolaborasi antara Kadin Indonesia, Kadin Kota Surakarta, dan PANDI ini diharapkan dapat mengakselerasi digitalisasi bagi UMKM, khususnya di Kota Surakarta," katanya.

Pihaknya mencatat berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM yang sudah go digital pada 2023 sebanyak 22,8 juta dan ditargetkan mencapai 30 juta pada 2024.

"Oleh karena itu, Kadin Indonesia mendorong tercapainya target digitalisasi agar UMKM nasional dapat berdaya saing global melalui keterbukaan akses pasar digital. Kami juga sangat antusias dengan inisiatif UMKM Go Digital ini," katanya.

Baca juga: Kadin Surakarta perkuat ekosistem pariwisata di Solo Raya

Baca juga: Kadin Surakarta dukung Gibran sukseskan 16 titik prioritas Solo

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2024