Makassar (ANTARA) - Pj Gubernur Sulawesi Selatan Zudan Arif Fakhrulloh mendukung seluruh kegiatan yang digelar untuk mempromosikan dan memperkenalkan destinasi wisata  Geopark Maros-Pangkep agar mendunia.

Zudan dalam keterangannya di Makassar, Sabtu, mengatakan Pemprov Sulsel siap sejalan seiring dengan pengelola Geopark Maros-Pangkep dalam mempromosikan tempat wisata tersebut.

Zudan menilai bahwa semua yang telah dilakukan Badan Pengelola Maros-Pangkep UNESCO Global Geopark sudah cukup bagus.

“Saya mendukung penuh kegiatan yang dilaksanakan Geopark Maros-Pangkep,” ujarnya.

General Manager Badan Pengelola Geopark Maros-Pangkep, Dedy Irfan Bachri, saat bertemu Pj Gubernur memberikan presentasi gambaran Kawasan Geopark Maros-Pangkep sebagai bagian dari kawasan yang telah ditetapkan oleh UNESCO Global Geopark.

Penetapan itu berdasarkan keputusan yang diambil pada Sidang Dewan Eksekutif UNESCO ke-216 di Paris, Prancis pada Rabu, 24 Mei 2023.

Baca juga: Pemprov Sulsel siapkan 10.000 pohon sukun jaga Geopark Maros-Pangkep

Dedy juga menyampaikan tentang dukungan anggaran dari Pemprov Sulsel sebagai dana hibah yang akan digunakan dalam pengembangan kegiatan Geopark. Dana tersebut akan digunakan untuk pengembangan kawasan untuk lebih baik lagi.

“Kami juga mengajak dan mengundang langsung Pj Gubernur Sulsel Prof. Zudan untuk hadir pada rangkaian kegiatan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan melakukan penanaman pohon di Kawasan Maros-Pangkep Unesco Global Geopark, 8 Juni 2024,” ujar Dedy.

Sebelumnya, Kawasan Geopark Maros-Pangkep, Sulawesi Selatan telah dipercaya menjadi destinasi tujuan wisata bagi peserta Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 yang dihadiri sedikitnya 35 negara sahabat.

Peserta MNEK 2023 memiliki agenda yang padat, termasuk kunjungan ke sejumlah destinasi wisata seperti Benteng Rotterdam, Museum Balla Lompoa di Kabupaten Gowa dan kawasan Karst Rammang-Rammang yang menjadi bagian dari Geopark Maros-Pangkep.

Pemprov Sulsel juga mengusulkan agar Maros Pangkep Unesco Global Geopark ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Zona Pariwisata 2024.

Baca juga: Gubernur Sulsel paparkan keunggulan Geopark Maros ke Asesor Unesco

Baca juga: Kawasan Geopark Maros-Sulsel mulai pra asesmen Warisan Dunia UNESCO

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2024